5 Daftar Universitas Swasta Termurah di Indonesia yang Berkualitas

5 Daftar Universitas Swasta Termurah di Indonesia yang Berkualitas

Mar 21, 2022 by Rara
5 Daftar Universitas Swasta Termurah di Indonesia yang Berkualitas

Kualitas universitas swasta termurah di Indonesia tidak kalah dengan kualitas universitas lainnya. Bahkan universitas dengan biaya murah juga banyak menghasilkan lulusan berkualitas setiap tahunnya.

Biaya kuliah yang murah, bukan berarti tidak mendapatkan pendidikan yang optimal. Justru dengan biaya kuliah murah, maka setiap siswa bisa mendaftar tanpa ribut masalah biaya. Jika kamu mencari biaya universitas termurah tapi berkualitas, berikut rekomendasi universitas yang bisa dipilih.

1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau UMY merupakan salah satu universitas swasta termurah di Indonesia. Biaya kuliah di rata-rata di UMY sekitar Rp12.000.000. Universitas ini termasuk universitas terbaik dengan biaya murah di Indonesia.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berlokasi di Jalan Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Universitas ini menyediakan berbagai 8 fakultas yang bisa Kamu pilih sesuai minat.

Ada pun 8 fakultas tersebut antara lain, teknik, ekonomi dan bisnis, pertanian, agama Islam, pendidikan bahasa, serta hukum. Selain itu, kampus ini juga memiliki fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan. Agar mendukung proses belajar, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta juga menyediakan berbagai fasilitas pendukung.

Ada pun fasilitasnya antara lain pusat pelatihan bahasa, laboratorium pertanian, perpustakaan, dan lain sebagainya. Banyaknya fasilitas yang disediakan oleh pihak kampus tentu membuat suasana belajar semakin nyaman dan menyenangkan.

Selain tersedianya fasilitas yang lengkap dan nyaman, universitas ini juga menawarkan berbagai beasiswa. Ada pun jenis beasiswanya antara lain beasiswa prestasi, beasiswa dokter Muhammadiyah, beasiswa KIP-kuliah, beasiswa hafiz Muhammadiyah, dan lain sebagainya.

2. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang atau UMM merupakan salah satu universitas swasta termurah di Indonesia. Biaya kuliah di UMM rata-rata sekitar Rp10.000.000. Selain harga kuliah yang cukup terjangkau, UMM juga termasuk universitas swasta terbaik di Jawa Timur.

Universitas Muhammadiyah Malang memiliki 10 fakultas dengan 35 program studi yang bisa Kamu pilih sesuai keinginan. Ada pun 10 fakultas tersebut, 5 diantaranya yaitu kedokteran, ekonomi dan bisnis, ilmu sosial dan ilmu politik, pertanian dan peternakan, serta hukum.

Universitas Muhammadiyah Malang menyediakan berbagai program beasiswa, baik untuk calon mahasiswa maupun mahasiswa. Ada pun beasiswa yang disediakan antara lain Erasmus, yatim piatu, alumni sekolah Muhammadiyah, PPUT, KIP, Djarum, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 10 Universitas Paling Murah di Indonesia

3. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya atau disingkat UNTAG merupakan salah satu universitas swasta termurah di Indonesia. Biaya kuliah di UNTAG yaitu sekitar Rp5.200.000. UNTAG termasuk universitas favorit di Jawa Timur, sehingga bagi Kamu yang ingin kuliah di universitas favorit, maka UNTAG bisa menjadi pilihan tepat.

Universitas yang berlokasi di Semolowaru Nomor 45 Surabaya ini memiliki 7 fakultas dengan 16 program studi untuk S1. Ada pun 7 fakultas tersebut antara lain ilmu sosial dan ilmu politik, hukum, ekonomi dan bisnis, psikologi, teknik, ilmu budaya, serta vokasi.

4. Sekolah Tinggi Ekonomi Mahardhika

Sekolah Tinggi Ekonomi Mahardhika atau STIE Mahardhika merupakan salah satu universitas swasta termurah di Indonesia. Biaya kuliah di universitas ini sekitar Rp900.000 per semesternya. Bagi Kamu yang berminat menjadi manajer, akuntan, atau bekerja di bidang keuangan, maka universitas ini bisa menjadi pilihan tepat.

Universitas yang berlokasi di Jalan Wisata Menanggal 42A tepatnya di Graha Mahardhika, Surabaya ini menyediakan 2 program studi untuk S1. Program studinya yaitu akuntansi dan manajemen.

Sama seperti universitas lainnya, STIE Mahardhika juga menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung proses belajar. Ada pun fasilitasnya antara lain perpustakaan, ruang diskusi, ruang baca, dan lain sebagainya.

5. Universitas Pelita Bangsa

Universitas Pelita Bangsa merupakan universitas swasta yang ada di Indonesia. Universitas ini termasuk universitas dengan biaya kuliah cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp400.000 hingga Rp600.000 per bulan. Universitas ini menyediakan kelas pagi dan malam, sehingga bagi Kamu yang ingin kuliah sambil bekerja, maka Pelita Bangsa bisa menjadi pilihan tepat.

Universitas yang berlokasi di Jalan Inspeksi Kalimalang Tegal Danas, Cikarang Pusat ini memiliki 4 fakultas. Fakultas tersebut antara lain ekonomi dan bisnis, ilmu pendidikan dan humaniora, teknik, dan Agama Islam.

Universitas Pelita Bangsa juga menyediakan berbagai fasilitas agar mahasiswa merasa nyaman. Ada pun fasilitas yang disediakan antara lain perpustakaan, fasilitas olahraga, laboratorium, dan lain sebagainya. Banyaknya fasilitas yang disediakan oleh pihak kampus, tentu bisa membuat suasana kuliah semakin menyenangkan.

Kelima universitas swasta termurah di Indonesia, mulai dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta hingga Universitas Pelita Harapan bisa jadi bahan rujukanmu. Dari 5 universitas di atas, manakah yang Kamu minati? Jika masih membutuhkan informasi seputar universitas termurah, Kamu bisa langsung gabung di aflah-indonesia, untuk informasi lebih lengkap.

, , , , , , , , , , , , , , , , , ,