5 Universitas Negeri Terbaik di Yogyakarta 2022

5 Universitas Negeri Terbaik di Yogyakarta 2022

Mar 21, 2022 by Rara
universitas neger terbaik di yogyakarta

Kota Yogyakarta terkenal dengan sebutannya sebagai kota pelajar. Mengapa dinamakan kota pelajar? Karena ada banyak kampus di kota seluas 32,5 km2 ini dengan luas provinsi 3.186 km2.

Ada 190 perguruan tinggi maupun pendidikan vokasi yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagian besar adalah perguruan tinggi swasta, sedangkan perguruan tinggi negeri hanya berjumlah 5.

Seluruh perguruan tinggi negeri yang ada di Yogyakarta bisa dibilang cukup terkenal. Meskipun hanya 5, tapi orang-orang mengenalnya sebagai perguruan tinggi dengan kualitas terbaik.

5 daftar berikut juga merupakan universitas negeri di Yogyakarta yang murah. Jadi, cocok untuk budget keluarga yang menginginkan berkuliah di tempat murah namun dengan kualitas terbaik.

5 Universitas Negeri di Yogyakarta Terbaik

Untuk mengenal lebih mengenai ke-5 universitas di Yogyakarta, berikut ini dijabarkan secara lengkap mengenai keunggulan masing-masing PTN. Simak baik-baik ya.

1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah perguruan tinggi kelas dunia karena mampu berdaya saing secara internasional. Banyak ide-ide kreatif dan inovatif yang dilahirkan oleh mahasiswa-mahasiswi UGM.

Hal ini wajar karena adanya dukungan yang tinggi dari dosen dan kampus untuk terciptanya penelitian yang dapat menyelesaikan beragam masalah.

Bila kamu suka belajar, suka meneliti, suka berdiskusi, suka berorganisasi, dan lainnya maka cobalah memilih UGM sebagai tempat studi lanjutan. Apalagi jurusan kuliah di Jogja beragam. Yakin deh akan banyak pengalaman dan pengetahuan yang kamu dapat.

2. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) juga tak kalah hebat dari UGM. Dulunya UNY ini merupakan pengembangan dari IKIP Yogyakarta.

Namun tenang saja, sekarang tidak cuma orang-orang yang bercita-cita guru saja yang bisa masuk disini. Sebab UNY memiliki 7 fakultas dengan beragam disiplin ilmu. Jadi, apapun cita-citamu tetap bisa tercapai bila berkuliah di UNY.

3. UPN (Universitas Pembangunan Nasional) Veteran Yogyakarta

Disebut sebagai kampus bela negara, UPN Veteran Yogyakarta banyak meluluskan generasi yang profesional dalam bidangnya dan berjiwa patriotik.

Karakter ini tertanam di setiap mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta karena perguruan tinggi negeri ini merupakan lembaga pendidikan yang dibina langsung oleh Departemen Pertahanan Republik Indonesia.

4. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

PTN yang lebih dikenal dengan sebutan ISI Yogyakarta ini merupakan tempat berkumpulnya para pegiat seni dari berbagai daerah. Para pegiat seni tersebut meraih ilmu secara teoritis dan praktis untuk menambah wawasan dan karakter seni.

ISI Yogyakarta cocok untuk kamu yang ingin mengembangkan minat bakat sekaligus meniti karir di dunia seni. Dengan mempelajarinya dari para profesional, maka kamu akan menjadi pegiat seni yang profesional pula.

5. UIN (Universitas Islam Negeri) Sunan Kalijaga

Tak lengkap rasanya bila di sebuah daerah tidak ada UIN-nya. Di Yogyakarta terdapat universitas islam negeri yang bernama UIN Sunan Kalijaga.

PTN berlandaskan agama Islam dan berbasis syariah ini bisa dibilang sangat keren. Sebab mereka sangat menghomarti dan menjunjung tinggi Sunan Kalijaga yang telah membawa peradaban Islam ke tanah Jawa.

UIN Sunan Kalijaga cocok untuk kamu yang menginginkan untuk mendalami Agama Islam. Di sini terdapat 8 fakultas dengan 41 program studi sarjana yang bisa kamu pilih. Ada banyak jurusan kuliah di Jogja yang bisa kamu pilih.

Itulah 5 universitas negeri di Yogyakarta yang bisa kamu jadikan sebagai tempat studi sarjanamu. Di masing-masing universitas, telah tersebar banyak beasiswa untuk kamu raih. Jadi pastikan kamu jangan lewatkan informasi beasiswa di Yogyakarta yang bisa kamu temukan di aflah-indonesia.com.

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,