semua jurusan kuliah

Cara Menentukan Jurusan Kuliah yang Tepat Sesuai Minat dan Kemampuan

Cara Menentukan Jurusan Kuliah yang Tepat Sesuai Minat dan Kemampuan

Setelah lulus dari sekolah, sebagian besar dari siswa SMA melanjutkan studinya ke perguruan tinggi. Mereka berlomba-lomba untuk bisa masuk ke kampus idaman dan mendapatkan jurusan yang menurut mereka tepat untuk masa depannya.

Sayangnya tidak semua siswa mampu melakukan itu. Alih-alih memiliki pandangan akan masuk ke jurusan apa, mereka justru kebingungan. Akhirnya banyak yang berhenti setahun atau malah asal masuk saja asal bisa kuliah.

Nah, kalau kamu tidak mau mengalami hal seperti ini pikirkan segalanya dengan matang bahkan sejak mulai masuk SMA. Selain itu simak juga beberapa cara menentukan jurusan kuliah sesuai minat dan kemampuan di bawah ini.

1. Pertimbangkan Minat atau Passion

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk menentukan jurusan kuliah adalah mempertimbangkan passion. Setiap orang memiliki minat sendiri-sendiri entah itu dalam ilmu sosial atau sains. Kalau kamu memiliki minat sosial lalu kuliah di bidang sains, kemungkinan tidak nyambung meski kuliah bisa saja selesai.

Mulai sekarang kenali minat yang paling besar pada diri sendiri. Misal kamu sangat berminat dalam mempelajari anatomi tubuh dan kesehatan. Kalau minat pada bidang ini bisa masuk ke jurusan kedokteran atau keperawatan. Sebaliknya kalau minat kamu ada pada komunikasi, memilih jurusan bahasa atau ilmu komunikasi bisa memberikan keleluasaan.

Setelah menemukan dan mengenali minat, cari jurusan apa saja yang sekiranya masih sejalan. Selanjutnya, daftar jurusan apa saja itu dan analisis peluang setiap jurusannya apakah sesuai dengan kemampuan diri atau tidak.

Baca juga : Profil Pendidikan Kesejahteraan Keluarga UNJ

2. Pahami Kemampuan Diri Sendiri

Passion memang sangat penting untuk menentukan jurusan kuliah mana saja yang sesuai dengan keinginan. Namun, kemampuan diri khususnya dalam bidang akademik juga tidak boleh disepelekan. Dua hal itu harus seimbang dan sejalan agar bisa berjalan dengan lancar.

Misal kamu memiliki minat besar dalam bidang ilmu komputer. Namun, karena dasar-dasar ilmu komputer seperti logika sulit dimengerti, akhirnya tidak bisa masuk ke sana. Kalau pun bisa masuk, kamu akan sulit lulus karena hanya bermodal passion saja dan tidak dibarengi kemampuan.

Hal paling mudah untuk melihat jenis kemampuan apa saja yang dominan pada diri sendiri adalah mengecek hasil ujian atau rapor. Dari sana akan terlihat dengan jelas mata pelajaran apa saja yang mampu kamu selesaikan dengan baik dari awal sekolah sampai sekarang.

3. Pikirkan Saingan yang Ikut Seleksi

Memiliki rasa percaya diri tinggi memang tidak salah. Namun, kalau memiliki rasa percaya diri tidak dibarengi dengan kemampuan, saat seleksi masuk perguruan tinggi kamu bisa saja kalah saing. Apalagi peminatnya ada banyak dan kemampuannya di atas rata-rata.

Setelah menentukan jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan kemampuan, pertimbangkan seleksi masuknya. Jangan sampai kamu terlalu santai dan lupa untuk belajar. Dampaknya, saat seleksi nilai yang dimiliki kalah jauh dengan teman lainnya. Passion harus dibarengi juga dengan strategi serta belajar.

Pilih jurusan yang sama atau masih satu aliran saat melakukan seleksi. Pilih kampus yang peluang seleksinya bisa kamu kejar. Jangan asal memilih jurusan dan kampus karena strategi yang salah bisa membuat kamu tidak diterima di jurusan idaman meski secara kemampuan tidak ada masalah.

4. Bisakah Menyelesaikan Kuliah?

Setelah menentukan beberapa jurusan kuliah yang nantinya akan dimasuki, tahap selanjutnya adalah menanyakan pada diri sendiri. Kira-kira kalau masuk ke jurusan itu kamu bisa lulus kuliah tepat waktu atau tidak?

Pertanyaan ini sangat penting karena tidak sedikit dari mahasiswa yang akhirnya mandek di tengah jalan. Padahal mereka sudah masuk ke jurusan yang sangat disukainya. Namun, karena beberapa masalah entah karena mata kuliah atau hal lain akhirnya tidak diselesaikan dengan sempurna atau molor.

Sebelum kamu masuk kuliah dan akhirnya merasa salah jurusan, ada baiknya menanyakan pada diri sendiri: kira-kira aku mampu menyelesaikan kuliah ini atau tidak, ya? Kalau memang mampu menyelesaikannya, pilih dan perjuangkan saat seleksi masuk agar bisa tembus.

5. Kemungkinan Bisa Berkembang

Kemampuan yang kamu miliki memang penting saat kuliah. Namun, apakah kemampuan itu bisa berkembang dengan baik atau tidak. Kalau sekiranya sulit berkembang dengan baik dan tidak ada peluang dalam dunia kerja, lebih baik memilih yang lain, selama kamu masih bisa.

Selain kemampuan yang bisa berkembang, kamu juga harus memikirkan kemampuan yang bisa dipelajari dan akhirnya kamu menguasainya. Kalau kamu tipe orang yang mudah belajar hal baru, memilih jurusan kuliah akan lebih mudah lagi.

Lakukan prediksi kira-kira dalam beberapa tahun ke depan, jurusan apa yang sekiranya bisa menguasai lapangan pekerjaan. Kembangkan kemampuan itu agar kelak di masa depan kamu lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

6. Bertanya pada Kakak Tingkat

Terkadang memiliki kemampuan saja tidak menjamin kamu bisa kuliah dengan baik dari awal sampai akhir. Oleh karena itu lakukan riset terkait dengan jurusan yang kamu pilih. Cari kakak tingkat yang masuk ke sana untuk bertanya apa saja materi kuliah yang akan didapatkan.

Kalau tidak ada akses ke kakak tingkat, kamu bisa juga melakukan riset secara online. Perhatikan materi apa saja yang dipelajari dan bagaimana komentar mahasiswanya. Kalau kamu merasa materi itu bisa dilibas habis, masuklah ke sana. Namun, kalau merasa berat, pilih jurusan lain.

Memahami secara sekilas apa yang akan dipelajari sangat penting saat menentukan jurusan kuliah. Dengan begitu kamu tidak akan salah masuk dan akhirnya harus keluar untuk mencari jurusan yang lebih sesuai.

7. Melakukan Diskusi dengan Orang Tua

Cara menentukan jurusan kuliah yang terakhir adalah melakukan diskusi dengan orang tua. Lakukan sesi sharing terkait dengan jurusan kuliah, minat, dan peluang kerja. Cara ini akan memudahkan kamu dalam menentukan jurusan yang sesuai dan mendapatkan dukungan dari orang tua.

Diskusi dengan orang tua juga membantu kamu dalam menentukan pandangan baru yang selama ini tidak terpikirkan sebelumnya. Diskusi dengan orang tua memang tidak selamanya memberikan hasil akhir yang sesuai dengan keinginan. Namun, tidak ada salahnya untuk dicoba, toh mereka juga yang akan membiayai dari awal sampai akhir.

Terpenting dari semua, anak dan orang tua sudah mengeluarkan pendapatnya. Dengan begitu tidak akan ada unek-unek yang memicu masalah di kemudian hari.

Setelah kamu tahu jurusan apa saja yang sekiranya mampu dijalani dan memiliki peluang kerja, pilih kampus yang tepat. Kampus untuk menimba ilmu ada banyak, tapi kampus yang memberikan jaminan kerja setelah lulus tidak banyak.

Semoga cara menentukan jurusan kuliah di atas bisa kamu manfaatkan sebagai referensi.

Nama-Nama Jurusan Kuliah yang wajib kamu ketahui

✓ Nama-Nama Jurusan Kuliah yang wajib kamu ketahui

Sebagai calon mahasiswa yang baru lulus SMA/SMK/MA dan sederajat, mungkin kamu masih bingung dengan banyaknya nama-nama jurusan kuliah yang ada di perguruan tinggi. Apakah kamu sudah kebayang setelah lulus bakal mengambil jurusan apa? pasti diantara kalian masih bingung dalam memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat kalian. Tentunya memilih jurusan merupakn hal yang sangat penting dalam menentukan masa depan. Sebelum memilih jurusan kamu juga harus tau jurusan tersebut mempelajari tentang apa? sesui dengan bakat diri atau tidak? Serta  prospek kerja  setelah lulus nanti apa agar setelah lulus nanti punya gambaran harus mengarah kemana.

Ulasan kali ini akan membahas mengenai nama-nama jurusan kuliah yang wajib kamu ketahui supaya tidak salah dalam memilih jurusan.

Jurusan Ilmu Pendidikan

Jurusan Ilmu pendidikan dan pelatihan tentunya cocok banget buat kamu yang mempunyai cita-cita untuk mengajar atau mendidik generasi penerus bangsa. Jurusan yang berada dalam fakultas pendidikan dan keguruan adalah jawabanya. Kamu bisa memilih bidang tertentu untuk didalami diantaranya:

  1. MIPA : Pada jurusan ini fokus bidangnya seperti Matematika, Fisika, Kimia, Biologi,dll
  2. Bahasa : Pada jurusan ini fokus bidangnya seperti bahasa indonesai, bahasa inggris, bahasa jepang, bahasa arab, bahasa mandarin,dll
  3. Sosial : Pada jurusan ini fokus bidangnya pada ilmu pengetahuan sosial seperti, Akuntansi, Ekonomi, Sosiologi, Geografi, dll
  4. Teknik : Pada jurusan ini fokus bidangnya seperti Teknik otomotif, Teknik industri, Teknik sipil, Teknik listrik, Teknik komputer dll.
  5. Kecantikan : Pada jurusan ini fokus bidangnya seperti Tata Busana, Tata Boga, Tata Rias dll.

Pada jurusan pendidikan juga terdapat beberapa cabang jurusan yang lebih fokus yakni:

  1. PGPAUD : Untuk kamu yang ingin mempersiapkan diri menjadi guru PAUD
  2. PGSD : Untuk kamu yang ingin mempersiapkan menjadi guru SD
  3. Pendidikan Luas Biasa : Untuk kamu yang ingin mempersiapkan menajdi pendidikan atau pendamping bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika (MIPA)

Bidang ilmu pengetahuan alam dan matematika merupakan sebuah bidang ilmu yang mempelajari tanda-tanda dan fenomena di alam semesta. Kamu akan belajar ilmu Matematika dan Sains di jurusan ini. Berikut beberapa jurusan kuliah yang berkaitan dengan Ilmu Pengetahaun alam dan Matematika (MIA dan MIPA):

  1. Biologi
  2. Fisika
  3. Geofisika
  4. Kimia
  5. Statistika
  6. Matematika
  7. Astronomi

Jurusan Soshum/IPS

Sosial humaniora atau Soshum merupakan  jurusan yang cukup banyak peminatnya. Banyak juga anak-anak yang mengambil jurusan IPA/MIPA saat di SMA kemudian beralih kejurusan Kuliah IPS. Berikut merupakan beberapa jurusan Soshum yang menjanjikan masa depan

  1. Sastra Inggris
  2. Hubungan Internasional
  3. Ilmu Komunikasi
  4. Ilmu Politik
  5. Psikologi
  6. Hukum
  7. Bisnis dan Manajemen
  8. Akuntansi
  9. Ekonomi
  10. Desain Komunikasi Visual

Jurusan Komputer atau Informatika

Bagi kamu yang tertarik dengan komputer cocok banget masuk jurusan ini, kamu akan belajar berbagai hal tentang komputer dan hasil terkait lainnya. Dalam jurusan informatika ini hal yang biasa di pelajari biasanya seputar dengan pembuatan aplikasi, pengembangan aplikasi, jaringan komputer, database, penerapan sistem komputer,dll. Berikut nama-nama jurusan komputer yang telah di adaptasi oleh negara Indonesia.

  1. Teknik Informatika
  2. Ilmu Komputer
  3. Teknik Komputer
  4. Sistem Informasi
  5. Sistem Informasi
  6. Manajemen Informasi

Untuk penyebaran jurusanya bisa ke berbagai fakultas dan untuk fokus pembelajaranya akan menyesuaikan di fakultas mana jurusan tersebut berada.

Baca Juga: 5 Pertanyaan Klise Waktu Interview Organisasi

Jurusan Kedokteran dan Kesehatan

Jurusana Ilmu Kedokteran dan Kesehatan ini sangat cocok bagi kalian yang suka dalam bidang kesehatan. Biasanya orang yang belajar  ilmu kedokteran adalah orang-orang yang pekerja keras dan teliti. Mengapa demikian? Karena pekerjaan yang akan dilakukan akan berkaitan dengan nyawa sesorang. Jurusan Kedokteran dan Kesehatan ini cukup banyak di minati oleh banyak orang. Kebanyakan orang yang pernah belajar dalam bidang keilmuan ini menyatakan bahwa ketika berkuliah membutuhkan kemampuan menghafal dan mengingat  yang baik, serta tidak memiliki rasa takut dan jiji.

Berikut merupakan nama-nama jurusan ilmu kedokteran dan kesehatan

  1. Pendidikan Dokter
  2. Pendidikan Dokter Gigi
  3. Farmasi
  4. Kesehatan Masyarakat
  5. Keperawatan
  6. Kebidanan
  7. Ilmu gizi
  8. Kedokteran Hewan

Jurusan Hukum

Jurusan Hukum merupakan jurusan yang termasuk fakultas yang di gemari nyaris setiap kampus di Indonesia sama halnya dengan Jurusan Kedokteran dan Kesehatan. Untuk jurusan hukum mengapa banyak di minati oleh banyak orang di setiap fakultas di Indonesia? Karena kebanyakan perusahaan maupun organisasi membuthkan sebagaian besar lulusan fakultas ini.

Lulusan Jurusan Hukum tidak hanya jadi pengacara, hakim, Jaksa,  maupun notaris namu lulusan jurusan ini juga bisa menjadi HRD maupun profesi lainya. Berikut nama-nama jurusan dari Fakultas Hukum

  1. Hukum Publik
  2. Hukum Perdata
  3. Hukum Internasioanal
  4. Ilmu Hukum
  5. Hukum Pidana

Jurusan Seni dan Desain

Untuk kamu yang hobi dengan seni cocok banget memilih jurusan seni dan desain. Hidup kamu akan benar-benar berwarna jika kamu bergabung dalam fakultas kesenian. Mengapa demikian? Karena ketika kalian memilih jurusan seni dan desain setiap aktifitas perkuliahan seni dan desain kamu akan dipaksi untuk mengeluarkan segala daya kreatifitas kamu. Diawali dengan berimajinasi, berkreasi dan mengaktualisasikan dengan bentuk berbagai aktifitas seperti drama, menari, melukis dan sebagainya. Berikut nama-nama jurusan Seni dan Desain yang wajib kamu ketahui

  1. Seni Tari
  2. Seni Rupa
  3. Seni Musik
  4. Seni Rupa Kreatif dan Desain
  5. Kerajinan Tangan
  6. Administrasi Seni

Demikian artikel mengenai nama-nama jurusan kuliah yang perlu kamu ketahui, Semoga bisa menjadi referensi kamu dalam memilih jurusan. Perlu di perhatikan juga ketika kalian memilih jurusan kuliah yang menjadi pertimbangan pertama adalah passion atau minat yang di miliki dari dalam diri anda. Setelah mengetahui minat, kamu dapat mempertimbangkan juga mengenai prospek kerja jurusan yang kalian ambil setelah lulus nanti.

jurusan kuliah untuk calon maba

Macam-Macam Jurusan Kuliah Untuk Calon Maba

Untuk kamu anak-anak kelas 12 SMA atau calon mahasiswa baru (maba), pastinya memilih jurusan perkuliahan menjadi salah satu cara ampuh biar kuliahmu tidak salah sasaran. Apalagi jika kamu sudah memilih jurusan kuliah dan siap menjadi maba, pasti kamu berharap jangan sampai salah jurusan kan?

Jadinya, penting banget untuk kamu ketahui berbagai macam jurusan di Indonesia sebelum kamu memutuskan untuk melanjutkan pendidikan yang kamu inginkan, ada baiknya sebelum jadi maba kamu mengerti dan kenal dulu berbagai macam jurusan kuliah yang ada di Indonesia yang bisa cocok dengan skill dan kemampuanmu ya. Yuk simak!

1. Jurusan Sastra

Jurusan kuliah yang perlu kamu ketahui sebelum jadi maba adalah jurusan sastra nih guys. Kalau kamu senang belajar bahasa baru, jurusan sastra adalah pilihan yang cocok untuk jurusan kuliah IPS. Gak cuma belajar bahasa Inggris aja, tapi kamu akan belajar Sastra Jerman, Sastra Prancis, Sastra Rusia, Sastra Jawa, dan lain sebagainya.

Kamu tinggal pilih aja sastra mana yang paling sesuai dengan minatmu. Selain itu, jurusan sastra juga memiliki prospek kerja yang luas yang bisa kamu kembangkan di berbagai bidang seperti penerjemah, jurnalis, dosen, bahkan sampai kerja di Kedutaan Besar. Wah.. keren banget kan?

2. Psikologi

Jurusan kuliah yang kedua ini adalah jurusan Psikologi. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku, pikiran, dan mental manusia nih.

Gak jarang kalau kamu dianggap sebagai cenayang karena kamu bisa membaca dan senang mengamati perilaku orang-orang di sekitar. Nah, untuk prospek kerja jurusan psikologi pun bisa beragam, kamu bisa bekerja sebagai HRD, peneliti, maupun jadi psikolog loh!

3. Pendidikan Kedokteran

Nah, jurusan kuliah yang satu ini memang khusus untuk anak IPA loh! Kalau kamu calon maba yang ingin ambil jurusan IPA, ini solusinya! Mahasiswa jurusan Kedokteran mempelajari tentang berbagai penyakit serta bagaimana cara-cara penyembuhannya. Pada dasarnya saat jadi mahasiswa, kamu akan mendalami tentang bagian tubuh manusia, jenis-jenis penyakit, dan pengobatan yang ada.

Jika kamu mengambil pendidikan Kedokteran, kamu bisa menjadi dokter umum, dokter anak, dokter kandungan, dokter gigi, dan masih banyak lagi!

4. Hubungan Internasional

Macam-macam jurusan kuliah ini termasuk jurusan yang paling bergengsi nih! Di jurusan ini, kamu akan belajar banyak mengenai relasi dan interaksi antar negara, diplomasi, politik luar negeri, ekonomi luar negeri, kajian sosial, dan lain-lainnya.

Nantinya mahasiswa lulusan Hubungan Internasional biasanya akan banyak bekerja sebagai pejabat, dosen, PNS, jurnalis, dan bahkan mendominasi Kementerian Luar Negeri. Buat kamu yang suka dengan politik luar negeri, bisa nih jurusan HI jadi pilihan utama!

Baca Juga : Apa itu SKS dan Mengapa SKS itu Penting?

5. Ilmu Gizi

Jurusan kuliah yang satu ini adalah Ilmu Gizi. Ilmu Gizi juga cukup terkenal di jurusan kuliah IPA nih. Buat kamu yang suka banget dengan pelajaran kimia atau biologi, Ilmu Gizi cocok banget buat kamu. Ilmu Gizi mempelajari tentang keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan, serta kualitas tubuh manusia.

Ilmu Gizi juga mempelajari soal ekonomi, sosial, hingga budaya. Kalo kamu adalah lulusan dari mahasiswa Ilmu Gizi, pastinya kamu akan fokus bekerja di bidang ahli diet dan nutrisi, atau hal-hal yang berhubungan dengan produksi makanan.

Baca Juga : 10 Jurusan Kuliah Terbaik Di Indonesia Favorit Maba

6. Bisnis dan Manajemen

Buat kamu yang pengen jadi entrepreneur atau pebisnis sukses? Jurusan bisnis dan manajemen ini cocok banget buat kamu! Jurusan kuliah yang satu ini selalu saja ramai peminatnya karena prospek karir kedepannya bisa dibilang cemerlang banget nih.

Buat kamu yang suka banget belajar tentang keuangan, bisnis, ekonomi, inflasi, wirausaha dan lain-lainnya, kamu bisa menekuni jurusan bisnis dan manajemen. Selain itu, kamu bisa merintis karir di banyak bidang nih seperti analisis investasi, akuntan, penasihat keuangan, perpajakan, pebisnis, dan masih banyak lagi.

7. Farmasi

Jurusan kuliah yang ketujuh adalah Farmasi, Farmasi merupakan jurusan yang berhubungan erat dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya. Para mahasiswa yang belajar di jurusan Farmasi pasti akan mendalami dan mengenali struktur senyawa obat dan bagaimana cara mengolahnya untuk bisa menjadi bahan yang aman untuk dikonsumsi.

Mahasiswa lulusan Farmasi diharapkan bisa menjadi ahli dalam membuat, meracik, mengidentifikasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang bisa memenuhi standar kualitas. Biasanya prospek kerja lulusan Farmasi adalah menjadi apoteker, spesialis Kimia, dan lain-lain.

8. Jurnalistik

Buat yang pengen jadi penyiar atau kerja di stasiun TV? Jurusan kuliah IPS yang satu ini cocok banget buat kamu tekuni! Program studi jurnalistik ini akan membantu mengasah seluruh pemikiran kamu, gak hanya menjadi lebih kritis secara pemikiran, tapi kamu juga akan mendalami ilmu penulisan, public speaking, dan juga pemecahan masalah.

Saat lulus menjadi mahasiswa jurnalistik nanti, kamu juga bisa menjalani berbagai profesi seperti wartawan TV, koran, atau radio, editor media, konten kreator, analisis media, peneliti, dan profesi-profesi lainnya.

9. Teknologi Pangan

Jurusan kuliah IPA ini juga cukup terkenal nih guys yaitu program studi Teknologi Pangan. Teknologi Pangan adalah suatu jurusan yang mempelajari tentang produksi makanan dan memastikan makanan yang diproduksi aman untuk dikonsumsi serta memenuhi kebutuhan gizi.

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari bagaimana efek sosial dan makanan yang kita konsumsi termasuk bagaimana makanan bisa mempengaruhi budaya kita. Jurusan kuliah IPA ini cocok banget buat kamu yang suka pelajaran kimia dan biologi.

10. Ilmu Astronomi

Sebagai mahasiswa Ilmu Astronomi, kamu akan mempelajari berbagai benda-benda atau objek di langit. Jurusan kuliah yang satu ini akan memperkenalkan kamu dengan struktur serta sifat fisik tentang alam semesta dan isinya.

Pastinya, ilmu sangat menyenangkan dan seru banget nih. Meskipun prospek karirnya jarang terdengar, tapi kamu bisa bekerja sebagai Astronom, peneliti atmosfer dan luar angkasa, Ilmu Bumi, Ilmu kelautan, dan masih banyak lagi.

11. Statistika

Apa sih statistika itu? Statistika merupakan ilmu yang mempelajari proses pengolahan data dimulai dari merencanakan, mengumpulkan, melakukan analisis, menginterpretasikan hingga mempresentasikan sebuah data.

Jika kamu bergabung menjadi mahasiswa di jurusan statistika, kamu pasti akan sangat familiar dengan data-data nih guys. Prospek kerjanya pun juga luas banget, kamu bisa bekerja menjadi peneliti survei, ahli statistik, aktuaria, dan masih banyak lagi. Gimana? Jurusan kuliah IPA yang ini seru banget kan?

12. Bioteknologi

Nah, pasti kamu udah gak terlalu asing dengan jurusan kuliah yang satu ini guys. Bioteknologi merupakan cabang dari Ilmu Biologi yang mempelajari teknologi tentang pemanfaatan makhluk hidup dalam skala besar untuk menghasilkan produk.

Kalo kamu adalah mahasiswa jurusan Bioteknologi, kamu akan familiar dengan penerapan ilmu bioteknologi yang terdiri dari teknik fermentasi, analisa mikroorganisme, teknologi enzim, dan lain-lainnya.

13. Teknik Industri

Jurusan Teknik Industri ini terkenal banget dengan jurusan teknik yang “gak teknik-teknik banget”, tapi buat kamu anak-anak SMA jurusan IPA yang mungkin masih galau apa saja jurusan kuliah yang oke, jurusan Teknik Industri bisa menjadi pilihan utama untuk memulai karir di dunia perkuliahan loh!

Jurusan Teknik Industri sangat pas buat kamu yang suka dengan pelajaran fisika, karena di Teknik Industri kamu akan belajar hal-hal mengenai perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem.

Ini dia macam-macam jurusan kuliah yang bisa kamu temui nanti. Tapi, kamu harus melakukan riset secara mendalam dulu ya apakah 13 macam-macam jurusan kuliah ini ada di kampus yang memang kamu inginkan atau gak, karena gak seua kampus menyediakan macam-macam jurusan kuliah yang mungkin seperti yang tertera diatas.