master ugm

jurusan kuliah untuk calon maba

Macam-Macam Jurusan Kuliah Untuk Calon Maba

Untuk kamu anak-anak kelas 12 SMA atau calon mahasiswa baru (maba), pastinya memilih jurusan perkuliahan menjadi salah satu cara ampuh biar kuliahmu tidak salah sasaran. Apalagi jika kamu sudah memilih jurusan kuliah dan siap menjadi maba, pasti kamu berharap jangan sampai salah jurusan kan?

Jadinya, penting banget untuk kamu ketahui berbagai macam jurusan di Indonesia sebelum kamu memutuskan untuk melanjutkan pendidikan yang kamu inginkan, ada baiknya sebelum jadi maba kamu mengerti dan kenal dulu berbagai macam jurusan kuliah yang ada di Indonesia yang bisa cocok dengan skill dan kemampuanmu ya. Yuk simak!

1. Jurusan Sastra

Jurusan kuliah yang perlu kamu ketahui sebelum jadi maba adalah jurusan sastra nih guys. Kalau kamu senang belajar bahasa baru, jurusan sastra adalah pilihan yang cocok untuk jurusan kuliah IPS. Gak cuma belajar bahasa Inggris aja, tapi kamu akan belajar Sastra Jerman, Sastra Prancis, Sastra Rusia, Sastra Jawa, dan lain sebagainya.

Kamu tinggal pilih aja sastra mana yang paling sesuai dengan minatmu. Selain itu, jurusan sastra juga memiliki prospek kerja yang luas yang bisa kamu kembangkan di berbagai bidang seperti penerjemah, jurnalis, dosen, bahkan sampai kerja di Kedutaan Besar. Wah.. keren banget kan?

2. Psikologi

Jurusan kuliah yang kedua ini adalah jurusan Psikologi. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku, pikiran, dan mental manusia nih.

Gak jarang kalau kamu dianggap sebagai cenayang karena kamu bisa membaca dan senang mengamati perilaku orang-orang di sekitar. Nah, untuk prospek kerja jurusan psikologi pun bisa beragam, kamu bisa bekerja sebagai HRD, peneliti, maupun jadi psikolog loh!

3. Pendidikan Kedokteran

Nah, jurusan kuliah yang satu ini memang khusus untuk anak IPA loh! Kalau kamu calon maba yang ingin ambil jurusan IPA, ini solusinya! Mahasiswa jurusan Kedokteran mempelajari tentang berbagai penyakit serta bagaimana cara-cara penyembuhannya. Pada dasarnya saat jadi mahasiswa, kamu akan mendalami tentang bagian tubuh manusia, jenis-jenis penyakit, dan pengobatan yang ada.

Jika kamu mengambil pendidikan Kedokteran, kamu bisa menjadi dokter umum, dokter anak, dokter kandungan, dokter gigi, dan masih banyak lagi!

4. Hubungan Internasional

Macam-macam jurusan kuliah ini termasuk jurusan yang paling bergengsi nih! Di jurusan ini, kamu akan belajar banyak mengenai relasi dan interaksi antar negara, diplomasi, politik luar negeri, ekonomi luar negeri, kajian sosial, dan lain-lainnya.

Nantinya mahasiswa lulusan Hubungan Internasional biasanya akan banyak bekerja sebagai pejabat, dosen, PNS, jurnalis, dan bahkan mendominasi Kementerian Luar Negeri. Buat kamu yang suka dengan politik luar negeri, bisa nih jurusan HI jadi pilihan utama!

Baca Juga : Apa itu SKS dan Mengapa SKS itu Penting?

5. Ilmu Gizi

Jurusan kuliah yang satu ini adalah Ilmu Gizi. Ilmu Gizi juga cukup terkenal di jurusan kuliah IPA nih. Buat kamu yang suka banget dengan pelajaran kimia atau biologi, Ilmu Gizi cocok banget buat kamu. Ilmu Gizi mempelajari tentang keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan, serta kualitas tubuh manusia.

Ilmu Gizi juga mempelajari soal ekonomi, sosial, hingga budaya. Kalo kamu adalah lulusan dari mahasiswa Ilmu Gizi, pastinya kamu akan fokus bekerja di bidang ahli diet dan nutrisi, atau hal-hal yang berhubungan dengan produksi makanan.

Baca Juga : 10 Jurusan Kuliah Terbaik Di Indonesia Favorit Maba

6. Bisnis dan Manajemen

Buat kamu yang pengen jadi entrepreneur atau pebisnis sukses? Jurusan bisnis dan manajemen ini cocok banget buat kamu! Jurusan kuliah yang satu ini selalu saja ramai peminatnya karena prospek karir kedepannya bisa dibilang cemerlang banget nih.

Buat kamu yang suka banget belajar tentang keuangan, bisnis, ekonomi, inflasi, wirausaha dan lain-lainnya, kamu bisa menekuni jurusan bisnis dan manajemen. Selain itu, kamu bisa merintis karir di banyak bidang nih seperti analisis investasi, akuntan, penasihat keuangan, perpajakan, pebisnis, dan masih banyak lagi.

7. Farmasi

Jurusan kuliah yang ketujuh adalah Farmasi, Farmasi merupakan jurusan yang berhubungan erat dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya. Para mahasiswa yang belajar di jurusan Farmasi pasti akan mendalami dan mengenali struktur senyawa obat dan bagaimana cara mengolahnya untuk bisa menjadi bahan yang aman untuk dikonsumsi.

Mahasiswa lulusan Farmasi diharapkan bisa menjadi ahli dalam membuat, meracik, mengidentifikasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang bisa memenuhi standar kualitas. Biasanya prospek kerja lulusan Farmasi adalah menjadi apoteker, spesialis Kimia, dan lain-lain.

8. Jurnalistik

Buat yang pengen jadi penyiar atau kerja di stasiun TV? Jurusan kuliah IPS yang satu ini cocok banget buat kamu tekuni! Program studi jurnalistik ini akan membantu mengasah seluruh pemikiran kamu, gak hanya menjadi lebih kritis secara pemikiran, tapi kamu juga akan mendalami ilmu penulisan, public speaking, dan juga pemecahan masalah.

Saat lulus menjadi mahasiswa jurnalistik nanti, kamu juga bisa menjalani berbagai profesi seperti wartawan TV, koran, atau radio, editor media, konten kreator, analisis media, peneliti, dan profesi-profesi lainnya.

9. Teknologi Pangan

Jurusan kuliah IPA ini juga cukup terkenal nih guys yaitu program studi Teknologi Pangan. Teknologi Pangan adalah suatu jurusan yang mempelajari tentang produksi makanan dan memastikan makanan yang diproduksi aman untuk dikonsumsi serta memenuhi kebutuhan gizi.

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari bagaimana efek sosial dan makanan yang kita konsumsi termasuk bagaimana makanan bisa mempengaruhi budaya kita. Jurusan kuliah IPA ini cocok banget buat kamu yang suka pelajaran kimia dan biologi.

10. Ilmu Astronomi

Sebagai mahasiswa Ilmu Astronomi, kamu akan mempelajari berbagai benda-benda atau objek di langit. Jurusan kuliah yang satu ini akan memperkenalkan kamu dengan struktur serta sifat fisik tentang alam semesta dan isinya.

Pastinya, ilmu sangat menyenangkan dan seru banget nih. Meskipun prospek karirnya jarang terdengar, tapi kamu bisa bekerja sebagai Astronom, peneliti atmosfer dan luar angkasa, Ilmu Bumi, Ilmu kelautan, dan masih banyak lagi.

11. Statistika

Apa sih statistika itu? Statistika merupakan ilmu yang mempelajari proses pengolahan data dimulai dari merencanakan, mengumpulkan, melakukan analisis, menginterpretasikan hingga mempresentasikan sebuah data.

Jika kamu bergabung menjadi mahasiswa di jurusan statistika, kamu pasti akan sangat familiar dengan data-data nih guys. Prospek kerjanya pun juga luas banget, kamu bisa bekerja menjadi peneliti survei, ahli statistik, aktuaria, dan masih banyak lagi. Gimana? Jurusan kuliah IPA yang ini seru banget kan?

12. Bioteknologi

Nah, pasti kamu udah gak terlalu asing dengan jurusan kuliah yang satu ini guys. Bioteknologi merupakan cabang dari Ilmu Biologi yang mempelajari teknologi tentang pemanfaatan makhluk hidup dalam skala besar untuk menghasilkan produk.

Kalo kamu adalah mahasiswa jurusan Bioteknologi, kamu akan familiar dengan penerapan ilmu bioteknologi yang terdiri dari teknik fermentasi, analisa mikroorganisme, teknologi enzim, dan lain-lainnya.

13. Teknik Industri

Jurusan Teknik Industri ini terkenal banget dengan jurusan teknik yang “gak teknik-teknik banget”, tapi buat kamu anak-anak SMA jurusan IPA yang mungkin masih galau apa saja jurusan kuliah yang oke, jurusan Teknik Industri bisa menjadi pilihan utama untuk memulai karir di dunia perkuliahan loh!

Jurusan Teknik Industri sangat pas buat kamu yang suka dengan pelajaran fisika, karena di Teknik Industri kamu akan belajar hal-hal mengenai perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem.

Ini dia macam-macam jurusan kuliah yang bisa kamu temui nanti. Tapi, kamu harus melakukan riset secara mendalam dulu ya apakah 13 macam-macam jurusan kuliah ini ada di kampus yang memang kamu inginkan atau gak, karena gak seua kampus menyediakan macam-macam jurusan kuliah yang mungkin seperti yang tertera diatas.

macam macam jurusan akutansi

Wajib! Kenali Berbagai Macam-Macam Akuntansi

Gak terasa nih sebentar lagi kita akan memasuki tahun ajaran baru 2020/2021, buat kamu yang sudah lulus dari SMA, wah ini bakal jadi pengalaman pertama masuk ke dunia perkuliahan ya! Well, memasuki dunia perkuliahan memang selalu jadi hal yang paling ditunggu-tunggu nih, tapi apa kamu udah mencari kampus dan jurusan yang mau kamu ambil belum?

Salah satu persiapan yang paling ribet adalah memutuskan kamu ingin melanjutkan kuliah apa. Gak hanya mencari jurusan yang sesuai dengan minat dan keahlian kamu, tapi kamu juga harus meriset dan mencari tahu secara detail jurusan dan kamu paling oke yang sesuai sama kamu di Jakarta nih. Banyak banget loh cara-caranya, salah satunya adalah dengan mengikuti perkembangan dari proses pembelajarannya di aplikasi ataupun di media sosial mereka.

Nah, menurutmu kamu udah tau belum ingin masuk ke jurusan apa? Kalau kamu suka dengan dunia keuangan, pembukuan,jurusan  akuntansi, dan segala jenis tentang perpajakan, kamu bisa mencari informasi tentang jurusan akuntansi di kampus impianmu nih.

1. Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)

Macam-macam akuntansi yang pertama adalah akuntansi keuangan atau yang biasa disebut dengan financial accounting. Bidang ini berkaitan dengan akuntansi suatu unit ekonomi secara keseluruhan. Akuntansi keuangan berhubungan dengan pelaporan keuangan untuk pihak-pihak di luar perusahaan. Laporan yang berhasil ini bersifat serba guna (general purpose).

Kegiatannya meliputi pencatatan kegiatan finansial yang bertujuan untuk dapat menyajikan laporan keuangan. Laporan keuangan yang meliputi neraca, laporan laba rugi dan laporan perubahan modal atau laporan laba ditahan selama jangka waktu tertentu.

Laporan keuangan ini dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang membutuhkan sebagai informasi guna pengambilan keputusan dan kebijakan yang rasional dan relevan.

2. Akuntansi Pemeriksaan (Auditing)

Macam-macam akuntansi selanjutnya adalah akuntansi pemeriksaan atau yang biasa disebut dengan audit. Sebagai mahasiswa akuntansi, pasti gak asing lagi nih sama hal-hal yang berhubungan dengan audit.

Dalam pemeriksaan akuntansi (auditing), dilaksanakan kegiatan pemeriksaan terhadap hasil pencatatan dan laporan dalam keuangan. Bidang ini berhubungan dengan audit yang secara bebas dilakukan pada laporan yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan.

Meskipun tujuan utama audit agar informasi akuntansi yang disajikan dapat dipercaya, namun terdapat tujuan lainnya seperti ketaatan terhadap kebijakan, prosedur serta menilai efisiensi dan efektifitas suatu kegiatan.

Dalam konsep tersebut, yang mendasari auditing adalah objektivitas dan independensi dari pemeriksa serta kerahasiaan dan pengumpulan bukti-bukti yang terbilang cukup relevan.

3. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)

Macam-macam akuntansi yang selanjutnya adalah akuntansi biaya. Akuntansi biaya merupakan bidang akuntansi yang mencatat dan menghitung serta menganalisis sebuah data biaya pada suatu perusahaan industri dalam usaha menentukan besarnya harga pokok produksi suatu barang atau produk.

Untuk itu, dengan adanya akuntansi biaya ini akan didapatkan laporan harga untuk menyusun laporan keuangan. Bidang ini menekankan sebuah penetapan dan sebuah kontrol atas biaya. Akuntansi biaya akan mengarah pada penetapan biaya berdasarkan aktivitas (activity based costing). Dengan fungsi utama mengumpulkan dan menganalisis data mengenai biaya, baik biaya yang telah terjadi maupun yang akan terjadi.

Baca Juga : 5 Peran Mahasiswa dalam Masyarakat, Calon Maba Harus Tahu

4. Akuntansi Manajemen (Management Accounting)

Macam-macam akuntansi selanjutnya adalah akuntansi manajemen. Akuntansi manajemen adalah bidang akuntansi yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada manajemen dalam menjalankan usahanya.

Banyak hal yang terdapat dalam akuntansi biaya yang data-datanya dimanfaatkan oleh akuntansi manajemen. Jadi, meskipun kedua bidang akuntansi ini berbeda tujuannya, namun dalam pelaksanaannya dapat dilakukan secara bersamaan.

Beberapa kegunaan akuntansi manajemen yaitu untuk mengendalikan kegiatan perusahaan, memonitor arus kas dan menilai alternatif dalam pengambilan sebuah keputusan. Pengendalian perusahaan melalui aktivitas yang dijalankan (activity based management), merupakan tren baru dalam akuntansi manajemen.

5. Akuntansi Perpajakan

Macam-macam akuntansi yang selanjutnya adalah Akuntansi perpajakan adalah akuntansi yang kegiatannya berhubungan dengan penentuan objek pajak yang menjadi beban perusahaan serta perhitungannya untuk kepentingan penyusunan laporan pajak.

Kegiatan akuntansi perpajakan berfungsi membantu manajemen dalam menentukan pilihan-pilihan transaksi yang akan terjadi yang berhubungan dengan pertimbangan-pertimbangan perpajakan. Oleh karena itu, akuntansi yang bekerja dalam bidang ini harus mengetahui benar tentang undang-undang perpajakan yang berlaku.

Baca Juga: Jadi Akuntan? Simak Prospek Kerja Akuntansi Yuk

6. Budgeting

Macam-macam akuntansi selanjutnya adalah bidang akuntansi yang menyusun anggaran baik pendapatan maupun biaya. Anggaran merupakan pedoman bagi perusahaan, perorangan atau pemerintah dalam melakukan kegiatan finansialnya di masa yang akan datang.

Bidang ini berhubungan dengan penyusunan rencana keuangan yang terkait dengan kegiatan perusahaan untuk jangka waktu tertentu di masa yang akan datang serta analisis dan pengawasannya.

Anggaran dapat dikatakan juga sebagai saran untuk menjabarkan tujuan perusahaan, anggaran berisi rencana kegiatan yang akan dilaksanakan serta nilai uangnya di masa akan datang.

7. Akuntansi Pemerintahan (Governmental Accounting)

Macam-macam akuntansi selanjutnya adalah akuntansi pemerintahan.  Akuntansi pemerintahan merupakan bidang akuntansi keuangan yang diterapkan di lembaga pemerintahan. Akuntansi pemerintahan ini bertujuan untuk menyajikan sebuah laporan keuangan, pengendalian dan pengawasan keuangan negara.

Akuntansi pemerintahan diharapkan dapat mengatur administrasi keuangan negara dengan baik. Bidang ini mengkhususkan diri dalam pencatatan dan pelaporan transaksi-transaksi di badan pemerintahan.

8. Sistem Akuntansi (Accounting System)

Macam-macam akuntansi adalah sistem akuntansi. Sistem akuntansi merupakan bidang akuntansi yang melaksanakan kegiatan dengan merancang cara melakukan pencatatan akuntansi agar aman, efektif dan efisien. Mulai dari organisir dokumen sampai menyusun prosedur pencatatannya.

9. Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting)

Akuntansi anggaran adalah akuntansi yang kegiatannya berhubungan dengan pengumpulan dan pengolahan data operasi keuangan yang sudah terjadi, serta taksiran kemungkinan yang akan terjadi untuk kepentingan penetapan rencana operasi keuangan perusahaan (anggaran) dalam suatu periode tertentu.

10. Akuntansi Perbankan

Macam-macam akuntansi yang selanjutnya adalah akuntansi perbankan. Mengingat pengertian akuntansi sebagai proses pencatatan, pengklasifikasian, penganalisaan serta penafsiran data keuangan.

Maka secara umum dapat diketahui bahwa akuntansi perbankan adalah proses akuntansi bank yang juga meliputi pencatatan, pengklasifikasian, penganalisaan, penafsiran data keuangan bank yang dilakukan secara sistematis guna memenuhi kebutuhan pihak yang berkepentingan baik internal maupun eksternal.