5 Perbedaan Jurusan Agribisnis dan Agroteknologi, Prospek Kerja Sama?

5 Perbedaan Jurusan Agribisnis dan Agroteknologi, Prospek Kerja Sama?

Mei 4, 2022 by Rara
5 Perbedaan Jurusan Agribisnis dan Agroteknologi, Prospek Kerja Sama?

Aflah-indonesia.comHi everyone! Buat kamu yang ingin masuk di jurusan pertanian, pasti kamu suka bingung gak sih dengan beberapa jurusan yang tersedia. Kamu suka bingung sendiri kan dengan prospek karir atau hal yang akan digeluti selama berkuliah.

Misalnya saja seperti jurusan Agribisnis dan Agroteknologi. Kedua jurusan tersebut merupakan jurusan yang paling banyak dicari di fakultas pertanian lho. Namun, bila ditelusuri lebih dalam kedua jurusan ini memiliki perbedaan.

Nah, biar kamu semakin yakin dan faham dengan kedua jurusan tersebut, kita bahas bareng yuk apa saja sih perbedaan dari jurusan tersebut. Let’s check it out!

5 Perbedaan Jurusan Agribisnis dan Agroteknologi

1. Memiliki fokus yang berbeda

Jurusan Agroekoteknologi biasanya akan mempelajari tentang proses penanaman di sektor lahan. Jurusan ini bakal melakukan fokus terhadap proses penanaman hingga akhirnya bisa menghasilkan panen yang bagus.

Berbeda dengan jurusan Agroekoteknologi, jurusan Agribisnis bakal lebih mempelajari lebih dalam tentang proses penanaman hingga hasil panen tersebut bisa diolah dan dipasarkan.

2. Lebih banyak belajar bisnis melalui jurusan agribisnis

Buat kamu calon mahasiswa, jurusan Agribisnis merupakan salah satu jurusan yang tak hanya mendalami ilmu pertanian saja. Namun, kamu juga bakal belajar banyak mengenai ilmu bisnis dan tentunya ekonomi.

Di jurusan ini kamu bakal belajar lebih dalam bagaimana melakukan bisnis di bidang pertanian. Selain itu, kamu juga bakal belajar lebih dalam tentang fungsi produksi dan pengolahan lahan dengan maksimal. Jadi, kamu bakal lebih siap sebagai salah satu pelaku bisnis di bidang pertanian.

3. Jurusan agroekoteknologi lebih fokus terhadap belajar teknologi

Buat kamu yang suka dengan teknologi dan pertanian, jurusan ini bisa jadi pilihan terbaikmu. Yaps, melalui jurusan ini kamu bisa melakukan budidaya tanaman dengan sangat baik. Tak hanya itu sobat, jika bisa kamu pelajari dengan baik, maka kamu bisa tahu cara yang tepat untuk mengolah lahan dengan benar.

4. Agribisnis mempelajari Ekonomi

Meskipun jurusan Agribisnis tak hanya belajar tentang pertanian, namun juga belajar manajemen, akuntansi, dan juga ekonomi tentunya. Tujuannya tak lain biar kamu lebih siap mengelola bisnis di bidang pertanian sobat.

5. Prospek karir yang berbeda

Lulusan jurusan Agribisnis bakal bekerja di bidang pemasaran hasil pertanian di industri swasta atau instansi pemerintah. Namun ada juga yang berkarir sebagai entrepreneurs.

Sedangkan jurusan agroekoteknologi bakal menjadi konsultan sektor pertanian. Jadi ilmu mereka akan digodok melalui praktek ketika bekerja nanti.

Baca juga: 5Beasiswa Kuliah untuk Mahasiswa S1 dan D4, Dapat Rp 3,5 Juta Per Semester

Itulah 5 perbedaan yang bisa kamu dapatkan sobat. Dengan mengetahui kedua jurusan tersebut, maka kamu akan lebih mantap dalam memilih jurusan.

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,