Lebih Baik Pilih PTN Akreditasi B atau PTS Akreditasi A?

Lebih Baik Pilih PTN Akreditasi B atau PTS Akreditasi A?

Apr 29, 2022 by Rara
Lebih Baik Pilih PTN Akreditasi B atau PTS Akreditasi A?

aflah-indonesia.com – Saya termasuk peserta SBMPTN yang sudah gagal. Namun, saya tetap ingin melanjutkan kuliah, lebih baik saya ikut ujian mandiri di beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terakreditasi B atau saya langsung ikut test di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terakreditasi nya A?

Pertimbangannya, jika saya mengikuti ujian mandiri di beberapa PTN saya harus mengeluarkan biaya yang hampir sebanding dengan pendaftar PTS jika di total-total kan, dan saya pun belum tentu keterima di PTN tersebut jika lewat jalur ujian mandiri. Saya pun masih bingung apa pentingkah suatu akreditasi?

Lebih Baik Pilih PTN Akreditasi B atau PTS Akreditasi A?

Sebagian besar pelajar pasti pernah mengalami galau-nya memilih untuk melanjutkan studi di universitas mana setelah lulus SMA. Lalu, lebih baik pilih PTN akreditasi B atau PTS akreditasi A?

Mari kita ulas lebih detail, lebih baik pilih PTN akreditasi B atau PTS akreditasi A? Sebenarnya sebelum kamu berfokus di akreditasi perguruan tinggi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu, seperti berikut ini:

1. Fokus Pada Jurusan Yang Kamu Minati

Jadi, faktor utama dalam memilih perguruan tinggi adalah fokuslah pada jurusan yang akan kamu pilih. Apakah di perguruan tinggi tersebut ada jurusan yang kamu minati. Kenapa ini penting? Karena, sebaik apapun akreditasi perguruan tinggi, kalau jurusan nya tidak ada yang kamu minati, apa gunanya?

Seandainya, kamu memaksakan kuliah di kampus tersebut dengan jurusan yang tidak kamu minati, kamu akan kewalahan sendiri, dan akan menjadi “alien” menjadi orang asing yang tidak tahu seluk beluk yang akan kamu pelajari nanti. Mau?

2. Fokus Pada Akreditasi Program Studi 

Akreditasi perguruan tinggi adalah rata-rata seluruh akreditasi jurusan di sebuah perguruan tinggi. Namun, sistem dan manajemen juga menjadi pertimbangan penting menentukan hal ini. Sementara, akreditasi prodi mencakup seluruh mutu dan kualitas pendidikan, misalnya sistem pembelajaran, hasil lulusan, dan materi.

Dapat dikatakan, akreditasi kampus maupun jurusan punya nilai kesetaraan yang sama. Tetapi, dikatakan dalam laman BAN-PT, saat calon mahasiswa ingin mendaftar ke sebuah jurusan, sebaiknya mengetahui terlebih dulu akreditasi prodi yang bersangkutan.

3. Fokuslah Pada Kualitas Lembaga

Kalau dari segi kualitas pendidikan, semakin baik akreditasi suatu lembaga atau jurusan, semakin ketat pula persaingan masuknya. Jadi, bisa dibilang kalau pertanyaanya lebih baik pilih PTN Akreditasi B atau PTS Akreditasi A. Tentu yang mempunyai akreditasi A atau unggullah yang paling disarankan.

4. Fokus Pada Biaya Pendidikan Yang Kamu Mampu

Kalau dalam segi biaya pendidikan PTN lebih baik dibanding PTS, karena Permenristekdikti telah mengatur mekanisme pembiayaan perkuliahan PTN. Selain itu, mahasiswa PTN memiliki akses yang lebih mudah untuk memperoleh beasiswa dari pemerintah.

Sedangkan untuk PTS seperti yang kita tahu mekanisme pembiayaan mengikuti instansi masing-masih sehingga tidak ada batasan yang kongkrit tentang biaya kuliah. Ini juga bisa menjadi pertimbangan kamu sebelum memilih kuliah di PTS atau PTN.

5. Fokus Pada Jaringan Kerjasama Kampus

Kalau dalam segi peluang PTN lebih diunggulkan karena rata-rata penerimaan pegawai atau pekerja disyaratkan dari kampus terakreditasi minimal B dan lulusan PTN. Karena memang jumlah PTN berakreditasi A jauh lebih banyak dibanding PTS.

Tetapi banyak juga PTS yang diterima dalam penerimaan pekerja. PTS yang diterima jadi pekerja biasanya PTS yang memiliki kerjasama dengan alumni, perusahaan swasta, dan organisasi luar kampus tanpa terikat dengan peraturan pemerintah. Dari Jaringan kerjasama inilah yang dapat membantu lulusan PTS memiliki peluang kerja lebih baik dibanding lulusan PTN dengan akreditasi C dan tanpa jaringan kerjasama serupa.

Baca juga : Lebih Dalam Mengenal Pengertian Instansi, Jenis, dan juga Contohnya

6. Fokus Pada Diri Sendiri

Akreditasi itu adalah pencapaian standar tertentu dari layanan baik akademik maupun administrasi. Apakah pembelajarannya berkualitas dengan akreditasi A? Tentu saja. Namun, bila kamu cari kerja, apakah kamu hanya membawa kebanggaan akreditasi kampusmu?

Intinya, kamu kuliah dimanapun itu semua tergantung kepadamu. Kamulah yang menentukan apa makna akreditasi itu!

Itulah ulasan terkait pertanyaan lebih baik pilih PTN akreditasi B atau PTS akreditasi A? Semoga menjawab kegalauan para pelajar ketika memilih untuk melanjutkan studi di universitas mana setelah lulus SMA. Jadi, kamu lebih pilih PTN akreditasi B atau PTS akreditasi A, nih?

, , , , , , , ,