Kupas Tuntas Jurusan Biologi: Dari Mata Kuliah Sampai Prospek Kerja

Aflah Indonesia – Kalau mendengar kata “biologi”, apa yang akan terlintas di otak kamu? Makhluk hidup? Atau flora dan fauna? Yap! Itu semua memang benar, tetapi biologi sendiri memiliki arti yang lebih luas.

Mempelajari biologi sama seperti mempelajari tentang makhluk hidup mulai dari lingkungannya, sampai unsur terkecil organisme tersebut. Misalnya tentang fisiologi, ekologi, genetika, struktur organisme, perkembangan organisme, dan sebagainya. Kalau kamu tertarik dengan hal-hal seperti ini, kayaknya wajib banget cari tahu tentang Jurusan Biologi.

Di Jurusan Biologi, kamu akan dituntut untuk mengetahui proses kehidupan dari berbagai tingkatan. Mungkin, kalian juga mendapatkan pelajaran yang sama saat SMA, tetapi hal ini tentu berbeda di tingkat kuliah. Kajian yang kamu terima akan lebih mendalam dan disesuaikan dengan perkembangan teknologi. Kamu juga bisa memilih mata kuliah yang sesuai dengan peminatan. Nah, hasil dari kuliah ini bisa kamu terapkan dalam berbagai bidang, mulai dari kedokteran, pertanian, kelautan, sampai kehutanan.

Mata Kuliah Jurusan Biologi Apa Aja?

Kupas Tuntas Jurusan Biologi

Sebagaimana ilmu, biologi pun nggak bisa berdiri sendiri. Ilmu-ilmu yang terkait biologi di antaranya ada matematika, fisika, dan kimia. Ilmu-ilmu tersebut merupakan “alat bantu” dalam mempelajari biologi. Misalnya, ketika kamu mempelajari reaksi-reaksi dalam proses pencernaan makanan atau kerja hormon, hal tersebut tidak akan lepas dari ilmu kimia. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat skema mata kuliah Jurusan Biologi per semesternya di bawah ini.

Nah, di tahun awal perkuliahan, mahasiswa Jurusan Biologi masih mempelajari hal-hal dasar seperti Fisika Dasar, Kimia Dasar, Matematika Dasar, dan Statistik. Mata kuliah ini juga diiringi dengan berbagai mata kuliah wajib dari masing-masing universitas.

Mulai semester 3, mahasiswa akan mulai difokuskan pada biokimia dan sistematika flora dan fauna. Di tahun selanjutnya, mahasiswa juga bisa mata kuliah jurusan pilihan seperti ekologi laut, bioteknologi tumbuhan, akuakultur, bioteknologi hewan, AMDAL, dan sebagainya. Sampai akhirnya menyusun tugas akhir di semester 8 berdasarkan hasil pengamatan.

Baca juga : Terbaru! Inilah 10 Kampus Terbaik di Surabaya 2022

Prospek Kerja Jurusan Biologi

Apa lulusan Jurusan Biologi cuma bisa jadi peneliti?

Tentu tidak. Banyak sekali yang bisa dilakukan lulusan Jurusan Biologi. Kamu bisa bekerja di instansi pemerintahan seperti Departemen Pertanian, Departemen Kehutanan, Departemen Kesehatan, Departemen Kelautan dan Perikanan, atau Departemen Lingkungan Hidup, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Selain itu, lulusan Jurusan Biologi juga sangat terbuka di industri yang berkaitan dengan bahan makanan, obat-obatan, serta pertambangan. Kalau kamu lebih suka berbagi ilmu dengan sesama, bisa banget dong menjadi tenaga pendidik di ranah formal maupun non-formal.

Kamu juga bisa memanfaatkan pengetahuan dari perkuliahan tentang produk organik untuk menjadi wirausahawan. Selain mendapatkan keuntungan, kamu juga bisa menciptakan masyarakat yang lebih sehat, kan?

Gimana? Menarik bukan? Terlebih Jurusan Biologi sudah banyak dibuka di berbagai universitas, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa universitas di Indonesia yang memiliki Jurusan Biologi adalah:

  • Universitas Indonesia (UI)
  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Institut Pertanian Bogor (IPB)
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  • Universitas Airlangga (UNAIR)
  • Universitas Brawijaya (UB)
  • Universitas Diponegoro (UNDIP)
  • Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Universitas Negeri Malang (UNM)
  • Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  • Universitas Padjadjaran (UNPAD)
  • Dsb
, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,