Pengertian, Contoh Proposal PKL TKJ & Prospek Kerjanya

Pengertian, Contoh Proposal PKL TKJ & Prospek Kerjanya

Siapa di dunia ini yang tidak mengenal komputer atau  laptop Ya,hampir semua bahkan seluruh penjuru dunia kini menggunakan komputer atau laptop untuk kebutuhan sehari-hari. Dan di negara kita Indonesia, komputer juga termasuk dalam ruang lingkup pembelajaran di sekolah yaitu TKJ. Namun masih ada yang belum mengetahui apa itu TKJ, dan materi apa saja yang akan dibahas jika mengambil jurusan TKJ.

Memahami TKJ

TKJ adalah singkatan dari Teknik Jaringan Komputer yang merupakan program keahlian jurusan di tingkat sekolah SMK atau STM. Para guru di sekolah tersebut mengajarkan kepada siswa TKJ tentang program atau keterampilan, keterampilan, sikap agar mereka optimal dalam merakit, memasang, memperbaiki komputer dan jaringannya.

Mungkin sebagian dari Anda masih bingung dan bertanya-tanya tentang jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan), terutama bagi Anda yang baru lulus SMP/MTs, dan ingin melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Nah itulah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh calon siswa SMK baru yang masih bingung dengan TKJ.

Baca Juga : 4 Beasiswa Luar Negeri Tanpa TOEFL

Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) adalah jurusan di SMK/STM yang mempelajari seluk-beluk dunia komputer dan jaringan komputer, mulai dari cara install OS (Operating System), menangani masalah PC, memperbaiki PC, membuat jaringan LAN atau lainnya, membuat WEB, dan banyak lagi.

Saat ini jurusan TKJ merupakan jurusan yang sangat diminati/banyak peminatnya, walaupun banyak pesaing dari jurusan TKJ yaitu jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), jurusan Multimedia, dan lain-lain.

Jurusan TKJ sangat mudah dipelajari, hanya kemauan untuk belajar dan belajar adalah modal. Saya juga tidak tahu apa itu TKJ, tapi setelah kuliah di jurusan ini saya banyak belajar tentang cara memperbaiki PC, install jaringan LAN dan lain-lain. Di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, asalkan kita berusaha, walaupun terus gagal lalu bangkit lagi pasti bisa, sama seperti kalian yang ingin kuliah di jurusan TKJ.

Jangan ragu dan ragu semua manusia dilahirkan tanpa keadaan ilmu, maka jika kita terus belajar maka kita pasti bisa. Sekalipun Anda tidak terbiasa dengan komputer, laptop, printer atau lainnya, jika Anda terus mencoba untuk belajar, pada akhirnya Anda akan mahir dalam bidang komputer.

Apa Saja Materi Jurusan TKJ?

Materi Jurusan TKJ

TKJ tidak lepas dari pelajaran perakitan komputer. Merakit komputer membutuhkan pengetahuan dan tidak boleh sembarangan. Jurusan TKJ membahas tentang komponen-komponen penyusun komputer, cara merakit komputer yang baik dan benar, mengkonfigurasi komponen komputer dan terakhir menguji hasil perakitan.

Setelah dirakit, Departemen TKJ mempelajari Sistem Operasi. Setelah siswa merakit, langkah selanjutnya adalah menginstal Sistem Operasi. Pembelajaran sistem operasi meliputi pengembangan sistem operasi, arsitekturnya, partisi harddisk, instalasi sistem operasi, hingga pengelolaan sistem operasi agar dapat digunakan oleh pengguna.

Selain membahas komputer, Jurusan TKJ juga membahas tentang networking. Berhasil merakit dan menginstal sistem operasi, siswa diajarkan tentang membuat jaringan. Mahasiswa mempelajari berbagai jaringan komputer, memahami referensi OSI, membuat jaringan dengan berbagai topologi, mempelajari TCP, setting IP Address, membangun jaringan lokal, dan membangun jaringan server.

Jurusan TKJ juga belajar tentang pemrograman website. Pemrograman website membahas bagaimana website dibuat, membuat tabel, membuat link, belajar HTML, belajar CSS, belajar PHP dan belajar MySQL.

Jurusan TKJ membahas lebih mendalam sistem operasi jaringan, mulai dari menyusun kebutuhan server, merakit server, memasang sistem operasi jaringan untuk server, mengadministrasikan server jaringan, melakukan backup dan restore server, hal-hal yang berkaitan dengan manajemen, troubleshooting server, dan membuat layanan jaringan seperti Server DNS, server DHCP, dan lain-lain.

Peluang Kerja Utama Komputer

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin signifikan dan banyak perusahaan yang sudah menggunakan teknologi terkini untuk mempermudah atau mengoptimalkan kinerja suatu perusahaan, dan semua teknologi tersebut tidak luput dari komputer.

Nah bagi yang jurusan ilmu komputer memiliki peluang bisnis atau kerja yang sangat luas, kali ini kami akan membagikan bidang apa saja yang prospek jurusan komputer dan berapa gaji yang bisa anda dapatkan :

Teknisi Komputer

Teknisi komputer merupakan profesi yang sangat dibutuhkan mengingat saat ini hampir semua sektor pekerjaan menggunakan komputer dan komputer tersebut membutuhkan teknisi untuk perawatan dan perbaikan. Kisaran gaji seorang teknisi komputer adalah Rp2.500.000-Rp3.500.000.

Desainer Grafis

Jika Anda memiliki minat dalam desain grafis dan memutuskan untuk mengambil jurusan perguruan tinggi, ada baiknya untuk menyelesaikan pertimbangan Anda.  desainer grafis. Bidang pekerjaannya adalah membuat visual yang menarik dari konten. Kisaran kerja seorang desainer grafis adalah Rp3.500.000 – Rp5.000.000.

Administrasi Server

Tugas administrasi server atau admin server adalah mengawasi, mengelola, dan mengamankan komputer server. Tata cara penggunaan komputer server sendiri tentunya berbeda dengan komputer biasa. Kisaran gaji seorang admin server adalah Rp 3.000.000.

Desainer Web

Kisaran gaji untuk seorang web designer adalah Rp3.500.000 – 7.500.000. Itulah beberapa prospek kerja di Jurusan Komputer dan besarnya gaji yang bisa didapatkan, sebenarnya masih banyak yang berkecimpung di bidang komputer namun akan kita bahas di lain kesempatan.

Seperti Apa Contoh Laporan PKL TKJ?

Contoh laporan PKL TKJ:

KATA PENGANTAR

Laporan ini disusun sedemikian rupa dengan tujuan agar dapat diterima dan dipahami oleh atasan serta dapat dijadikan sebagai bahan review bagi junior yang juga akan melaksanakan PKL dan menyusun laporan.

Pengertian Praktek Kerja Lapangan

Dapat meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan menengah atas dapat diarahkan untuk mengembangkan sistem yang stabil antara dunia pendidikan dan dunia usaha.

Tujuan Praktek Kerja Lapang

Praktek Kerja Lapang (PKL) sendiri bertujuan untuk memperkenalkan dan menumbuhkan sikap profesional mahasiswa terhadap dunia usaha, sebagai persiapan menghadapi atau memasuki dunia usaha yang sebenarnya.

Praktek Kerja Lapang (PKL) dirasa perlu untuk mengimplementasikan materi yang diperoleh dari sekolah yang kemudian dapat membentuk pola pikir yang membangun semangat siswa Praktek Kerja Lapang. Selain itu, pihak sekolah ingin agar siswanya dapat berkomunikasi atau berinteraksi secara profesional di dunia kerja sehingga dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas siswa.

Manfaat Praktek Kerja Lapangan

Manfaat Teoretis:

Untuk Sekolah:

  1. Sekolah dapat melaksanakan kegiatan kurikulum yang telah ditetapkan pemerintah untuk DU/DI.
  2. Sebagai bahan belajar bagi siswa.

Untuk Pihak DU/DI:

  1. Pihak DU/DI terbantu dengan adanya PKL dalam hal produksi dan pengembangan industri
  2. Sebagai bahan pertimbangan menghadapi persaingan usaha.
  3. 3. Untuk Siswa
  4. Dapat melaksanakan pembelajaran di sekolah
  5. Tambahan pengetahuan materi tentang kerasnya dunia luar

Manfaat Praktis

Untuk Sekolah:

  1. Memperkuat hubungan antara sekolah dengan DU/DI
  2. Meningkatkan citra positif sekolah

Untuk Pihak DU/DI:

  1. Kegiatan antara atasan dan karyawan saling berkesinambungan
  2. Proses evaluasi yang terjadi mampu memberikan ide-ide kreatif untuk kemajuan perusahaan

Untuk Siswa:

  1. Untuk mengidentifikasi identitas siswa mengenai bidang keahlian yang mereka ambil di sekolah
  2. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang keahlian

Visi Misi :

  1. Melaksanakan Sarana dan Prasarana Komunikasi dan Informatika.
  2. peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia ( SDM).
  3. peningkatan Penyelenggaraan Komunikasi dan Informatika dengan Lembaga Sosial, Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.
  4. peningkatan Pelayanan Komunikasi dan Informasi Kepada Masyarakat Kabupaten Cirebon.

Struktur Organisasi DU/DI

Kegiatan Usaha

Yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris Daerah, sedangkan Tugas Pokok Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon berdasarkan Pasal 2 bagian kedua adalah :

Faktor Pendukung:

Ada beberapa faktor pendukung yang membantu saya selama melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ):

  1. Tenaga ahli yang sudah Profesional.
  2. Alat yang lengkap.
  3. Faktor Penghambat

Kesimpulan

Adanya Praktik Kerja Lapangan yang diperlukan dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas baik secara pengetahuan maupun mental para lulusan SMK dalam mencapai tujuan pendidikan yang relevan dengan tuntunan kebutuh ankerja dan memperdalam serta meningkatkan kemampuan profesional serta menghayati etos kerja dalam situasi yang sebenarnya.

Saran

  1. Untuk Pihak Dunia Usaha atau Dunia Industri

Penulis berharap, agar pihak Dunia Usaha atau Dunia Industri yang kami tempati menerima kembali dan membimbing peserta PKL untuk mempererat tali silaturahmi dan lancarnya hubungan kerja sama dengan pihak sekolah.

  1. Untuk Pihak Sekolah

Penulis berharap semoga Kegiatan Praktek Kerja Lapangan ini dapat tetap dilaksanakan untuk tahun yang akan datang guna meningkatkan pengetahuan, mental, dan pengalaman keterampilan dalam dunia kerja. Serta sekolah lebih mempersiapkan standar untuk siswa yang dapat melaksanakan PKL dalam segi administrasi serta kegiatan praktik untuk mendukung berlangsungnya PKL agar siswa memiliki kemampuan dasar yang mencukupi.

  1. Untuk Pihak Siswa

Penulis mengharapkan agar peserta Praktek Kerja Lapangan selanjutnya dapat menjaga nama baik Sekolah dan juga di Instansi yang akan ditempati, serta tindakan yang akan diterapkan di Instansi tersebut. Demikian penjelasan dari saya tentang TKJ semoga bermanfaat, terima kasih.

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,