Cara Istirahat Terbaik Untuk Tubuh

Cara Istirahat Terbaik Untuk Tubuh

Mar 18, 2022 by Rara
Cara Istirahat Terbaik

Padatnya kegiatan sehari-hari seringkali membuat banyak tenaga terkuras. Berkurangnya energi mengakibatkan Anda tidak bisa melakukan pekerjaan secara maksimal. Untuk bisa menjalankan aktivitas secara optimal, tentu Anda membutuhkan waktu istirahat demi memulihkan tenaga yang sudah berkurang. Itulah kenapa penting sekali untuk menyempatkan beristirahat di sela-sela kesibukan Anda. Seperti apa cara tepat dan berkualitas untuk beristirahat? Berikut beberapa tips istirahat terbaik untuk tubuh yang patut Anda coba.

1. Batasi waktu pemakaian perangkat elektronik

Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya Anda sulit untuk lepas dari gadget atau perangkat elektronik seperti telepon genggam, laptop atau komputer. Yang perlu diperhatikan adalah kuantitas penggunaan barang elektronik tersebut. Jika Anda terbiasa bekerja menggunakan komputer atau laptop, sempatkan mengistirahatkan mata Anda selama setidaknya 10 menit. Setiap 2 jam penggunaan, pejamkan mata selama 10 menit agar mata tidak perih karena terlalu lama menatap layar komputer atau laptop.

Begitu pula dengan penggunaan telepon genggam. Ada baiknya Anda batasi waktu penggunaan dari telepon genggam, laptop dan komputer setiap harinya. Selain dapat mengganggu kesehatan mata, radiasi yang dipancarkan barang-barang elektronik tersebut juga tak baik untuk kesehatan tubuh dan otak.

2. Lakukan stretching untuk meregangkan otot tubuh

Bekerja terus seharian tentunya akan membuat tubuh mudah lelah serta terasa kaku. Untuk itu, usahakan lakukan gerakan stretchingsederhana yang bisa langsung dipraktikkan di tempat, di sela-sela kesibukan Anda. Lakukan stretching mulai dari bagian kepala hingga kaki selama beberapa menit. Stretching ini akan membantu melemaskan dan meregangkan otot-otot tubuh yang kaku. Saat tubuh sudah kembali rileks, tentu Anda akan jadi lebih semangat lagi melanjutkan pekerjaan.

3. Perilaku Mengemudi di Jalan

Jangan biasakan kerja lembur jika memang tidak terlalu mendesak. Pastikan Anda mendapatkan waktu tidur 6-8 jam sehari. Kurang tidur akan meningkatkan rasa cemas dan menurunkan daya konsentrasi. Dengan begitu, sudah pasti Anda tidak akan bisa bekerja kembali secara optimal. Jadi, gunakan waktu tidur Anda sebaik-baiknya untuk beristirahat.

Baca Juga : Bagian Bagian Bunga Lengkap dengan Gambar Beserta Fungsinya

4. Habiskan waktu dengan keluarga

Berkumpul bersama keluarga sambil bercengkrama dan makan bersama untuk istirahat sejenak adalah pilihan yang tepat.  Tak harus repot pergi keluar rumah, berkumpul di ruang keluarga saja rasanya sudah lebih dari cukup untuk menghabiskan waktu dengan keluarga. Anda bisa lupakan dulu semua kesibukan dan masalah di tempat kerja dengan quality time bersama keluarga ini. Ingatlah bahwa keluarga akan selalu jadi orang-orang pertama yang mendukung dan membantu jika Anda sedang mengalami masalah. Loyalitas anggota keluarga seperti inilah yang akan membuat Anda lebih tenang dalam menjalani hidup.

5. Pergi liburan untuk hilangkan rasa penat

Jangan memaksakan diri untuk terus bekerja tanpa waktu liburan hingga stres menumpuk. Anda butuh liburan untuk menghilangkan rasa penat sekaligus memperbaiki mood. Silakan pilih destinasi liburan yang Anda sukai, lalu habiskan beberapa hari di sana untuk beristirahat sekaligus menenangkan pikiran. Nah, untuk liburan ini pastinya Anda butuh budget lebih. Oleh sebab itu, penting sekali untuk merencanakan keuangan agar budget untuk liburan ini dapat terpenuhi. Merencanakan keuangan sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Coba Anda buat dua rekening tabungan terpisah sebagai satu cara mengatur keuangan. Satu rekening untuk kebutuhan primer sehari-hari, sedangkan rekening lainnya sebagai tabungan dana liburan Anda. Dengan begitu, budget liburan Anda akan segera terkumpul.

Lakukan cara-cara mudah tersebut untuk istirahat yang berkualitas bagi tubuh Anda. Sesibuk apapun kegiatan Anda setiap hari, jangan lupa untuk utamakan istirahat. Istirahat yang cukup akan membuat tubuh kembali bugar dan lebih semangat untuk melanjutkan aktivitas.

, , , , , , , , , , ,