9 Jurusan Paling Unik dan Langka di Indonesia, Kamu Tertarik?

9 Jurusan Paling Unik dan Langka di Indonesia, Kamu Tertarik?

Aflah-indonesia – Jurusan kuliah langka mungkin bisa jadi pertimbangan calon mahasiswa yang masih belum menentukan pilihan. Di Indonesia, ada beberapa universitas yang memiliki jurusan langka dan terbilang unik.Jurusan langka tersebut bahkan hanya ada satu di Indonesia dan tersebar di beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) favorit. Mulai dari UGM, UI, Unair, hingga ITB.

Dikutip dari laman instagram resmi Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Ditjen Dikti), berikut ini jurusan kuliah langka di Indonesia.

Baca juga: Perbedaan Jurusan Agribisnis dan Agroteknologi, Prospek Kerja Sama?

1. Teknik Nuklir – Universitas Gadjah Mada

Jurusan ini menginginkan lulusannya mampu mengaplikasikan teknologi nuklir dalam pembangkitan daya, mengaplikasikan radiasi dan radioisotop di industri serta mengaplikasikan radiologi klinik.

2 . Astronomi – Institut Teknologi Bandung

Berfokus mempelajari terbentuknya alam semesta, bintang-bintang, planet, lubang hitam, galaksi dan sebagainya.

3. Sastra Belanda – Universitas Indonesia

Jurusan sastra memang sangat beragam. Namun, jurusan Sastra Belanda hanya ada di Universitas Indonesia yang mempelajari seputar sastra, sejarah, linguistik dan budaya.

4. Rekayasa Nanoteknologi – Universitas Airlangga

Pada jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari materi pada skala atom, molekul dan supramolekul untuk keperluan industri. Meski terbilang langka dan unik, jurusan rekayasa nanoteknologi memiliki prospek kerja yang menjanjikan seperti menjadi peneliti, akademisi hingga konsultan.

5. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan – Universitas Airlangga

Jurusan ini mempelajari konsep hingga membuat robot dan kecerdasan buatan. Jurusan ini tentu sangat dibutuhkan, terutama di masa sekarang. Dengan teknologi robot dan kecerdasan manusia ini dapat membantu meringankan pekerjaan manusia.

6. Ilmu Keluarga dan Konsumen – Institut Pertanian Bogor

Hal-hal yang dipelajari dalam jurusan ini seputar teori-teori serta riset-riset ketahanan keluarga, perkembangan, dan pengembangan karakter anak serta segala hal yang berhubungan dengan keluarga.

7. Teknik Transportasi Laut – Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Tiga fokus utama yang dipelajari adalah pelayaran, pelabuhan, dan logistik di dunia maritim. Transportasi laut penting untuk menyiapkan perjalanan yang aman sebagai penghubung antarpulau.

8. Manajemen Industri Katering – Universitas Pendidikan Indonesia

Industri katering ternyata ada jurusannya di Indonesia. Mengingat bisnis katering dalam jumlah besar memerlukan manajemen yang baik dan tentu banyak ilmu-ilmu yang harus dipelajari. Selain itu, jurusan Manajemen Industri Katering juga memiliki visi global untuk memperluas akses pariwisata nasional dan internasional, khususnya dalam kategori makanan katering.

9. Sains Atmosfer dan Keplanetan – Institut Teknologi Sumatera

Jurusan ini baru berdiri pada tahun 2018 dan mempelajari tentang perilaku atmosfer terhadap iklim dan cuaca di bumi. Untuk kamu yang tertarik masuk jurusan ini, dapat melihat prospek kerja yang menjanjikan seperti Bidang Penelitian Luar Angkasa dan Pengembangan Teknologi: Peneliti di BMKG, LAPAN, serta LIPI. Konsultan Sistem Navigasi, Telekomunikasi, dan Satelit. Pengembangan Perangkat Lunak untuk pengujian iklim dan cuaca serta staff pengajar perguruan tinggi.

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,