7 Indikator Penilaian untuk Universitas Terbaik di Dunia

7 Indikator Penilaian untuk Universitas Terbaik di Dunia

Apr 28, 2022 by Rara
7 Indikator Penilaian untuk Universitas Terbaik di Dunia

aflah-indonesia.com – Setiap tahun, pasti Anda kerap kali mendapatkan informasi seputar perguruan tinggi terbaik di Indonesia bahkan di dunia. Ternyata dalam penilaian tersebut memiliki beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh setiap perguruan tinggi lho.

Pastinya beberapa kriteria tersebut harus dipenuhi oleh setiap perguruan tinggi untuk bisa mendapatkan peringkat terbaik di Indonesia bahkan kelas dunia. Untuk beberapa perguruan tinggi yang unggul tersebut, biasanya memenuhi beberapa kriteria seperti di bawah ini.

Indikator penilaian universitas terbaik di dunia versi QS World University Rankings

Indikator ini tertulis di dalam website QS WCU Rankings. Dalam penjabarannya, terdapat beberapa indikator sebagai syarat wajib perguruan tinggi bisa mendapatkan pemeringkatan berkala Internasional.

1. Riset

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, riset adalah salah satu hal yang wajib diberlakukan di sebuah perguruan tinggi. Riset ini bisa dibilang sebagai salah satu penilaian yang paling krusial untuk menentukan apakah perguruan tinggi tersebut layak masuk pemeringkatan internasional atau tidak.

2. Proses pengajaran

Selain itu, proses pengajaran sebuah perguruan tinggi juga sangat wajib diperhatikan. Ini berfungsi agar setiap perguruan tinggi bisa menerapkan pola pembelajaran yang dijalankan dengan baik.

3. Kemampuan kerja

Setelah masuk di perguruan tinggi, sukses tidaknya sebuah perguruan tinggi juga didapatkan dari hasil lulusan. Biasanya penilaian ini masuk dalam kategori Employer Reputation. Yang mana lulusan tersebut akan berpengaruh kepada kualitas perguruan tinggi tersebut.

4. Internasionalisasi

Ada juga proses internasionalisasi sebagai salah satu standar bahwa perguruan tinggi tersebut masuk dalam kampus terbaik atau tidak. Internasionalisasi disini dimaksudkan bahwa perguruan tinggi tersebut memiliki staff, dosen, hingga mahasiswa yang berasal dari luar negeri. Atau ada juga mahasiswa di kampus tersebut yang sedang mengikuti program pertukaran pelajar.

5. Fasilitas

Fasilitas di kampus juga menjadi salah satu komponen apakah kampus tersebut layak atau tidak sebagai kampus terbaik di kelas dunia. Misalnya saja seperti fasilitas IT, laboratorium, perpustakaan, dan lainnya.

6. Sistem pembelajaran online

Sistem pembelajaran online ternyata juga sangat penting lho sebagai salah satu kategori apakah kampus tersebut layak dan cocok masuk dalam kampus terbaik dunia.

7. Inovasi 

Mulai tahun 2020 kemarin, QS WCU Rankings juga menilai sistem pembelajaran dengan inovasi terbaru. Ini sangat penting untuk menilai apakah perguruan tinggi tersebut layak memberikan inovasi terbaru untuk dunia pendidikan atau tidak.

Baca juga: Lebih Dalam Mengenal Pengertian Instansi, Jenis, dan juga Contohnya

Itulah beberapa indikator yang bisa Anda jadikan acuan sebagai bentuk penilaian QS WCU Rankings. Beberapa kategori tersebut bisa Anda terapkan dan perbaiki agar kampus Anda masuk dalam kampus terbaik. Selamat berjuang!

, , , , , , , ,