6 Fakta Jurusan Fisika: Gak Harus Jenius Buat Masuk Jurusan Ini!

6 Fakta Jurusan Fisika Gak Harus Jenius Buat Masuk Jurusan Ini!

Apa yang pertama kali kamu pikirkan saat mendengar istilah fisika? Pelajaran yang sulit? Banyak rumusnya? Atau banyak itung-itungannya?

Buat sebagian orang mungkin fisika menjadi pelajaran yang “angker”, sehingga wajar aja kalau pelajaran tersebut dihindari.

Bahkan, lulus UTBK untuk masuk jurusan fisika rasanya jadi hal spesial, karena beranggapan kalau orang-orang pintar aja yang berani masuk fisika.

Namun, gak banyak yang mengetahui kalau kuliah di jurusan fisika itu sangat menjanjikan! Dari mulai luasnya cakupan ilmu yang bisa didapat, hingga karir yang cerah setelah lulus.

Penasaran sama jurusan fisika? Berikut ini adalah 6 fakta tentang kuliah di jurusan fisika yang jarang diketahui.

1Fisika adalah ilmu yang cakupannya sangat luas

Fisika adalah salah satu disiplin ilmu yang mempelajari tentang alam dan perilakunya dalam cakupan ruang dan waktu. Pada dasarnya, fisika membahas tentang interaksi antara materi dengan materi, energi dengan energi, dan materi dengan energi.

Fisika mempelajari berbagai macam materi, dari yang terkecil, seperti atom, hingga materi yang terbesar, seperti alam semesta.

Saking banyaknya cakupan ilmu fisika, nantinya di jurusan fisika akan dibagi lagi ke dalam kelompok keahlian. Kelompok keahlian ini biasanya beragam di setiap universitas, dari mulai Fisika Material, Fisika Instrumentasi, Fisika Nuklir, Geofisika, hingga Astrofisika.

Banyaknya pilihan kelompok keahlian itu, kuliah di jurusan fisika sangat cocok untuk berbagai karakter belajar seseorang.

Misalnya, kamu lebih suka belajar di laboratorium untuk melakukan penelitian, kamu bisa bisa mengambil Fisika Material atau Fisika Nuklir.

Tapi, kalau kamu lebih suka praktek di lapangan, kamu bisa mengambil kelompok keahlian Geofisika atau Astrofisika.

Baca Juga: Mengenal Jurusan Teknik Nuklir, Kerja Apa Nantinya?

2. Punya Mata Kuliah yang Menantang

Kalau di SMA kamu hanya belajar sekilas tentang materi fisika, di perkuliahan kamu akan mempelajari materi-materi itu lebih dalam.

Di perkuliahan, kamu tidak lagi sekadar mempelajari rumus fisika dan bagaimana cara menggunakannya, tapi kamu juga akan belajar dari mana kamu mendapatkan rumus tersebut.

Di tahun pertama kamu akan mendapat materi-materi dasar sebagai bekal untuk memperdalam fisika, seperti fisika dasar dan kalkulus.

Memasuki tahun kedua dan ketiga, kamu akan mulai merasakan perkuliahan yang menantang, kamu akan bertemu Fisika Matematika, Mekanika, Elektronika, Termodinamika, Fisika Modern, hingga Fisika Kuantum.

Di tahun ketiga juga, biasanya kamu sudah mulai memilih kelompok keahlian apa yang akan kamu tekuni. Lalu, di tahun keempat, kamu akan melakukan penelitian akhir.

Di setiap semester juga biasanya ada mata kuliah praktikum. Jadi, selain kamu paham tentang teorinya, kamu juga akan paham gejala fisika di dunia nyata.

3. Gak Harus Jenius Buat Masuk Jurusan Fisika

Mungkin kamu berpikir, kalau orang-orang yang bisa masuk jurusan fisika hanyalah orang yang jenius. Padahal, itu stereotip yang salah loh!

Untuk masuk jurusan fisika kamu gak harus selalu jenius. Tapi, yang terpenting kamu harus punya karakter yang tekun, teliti, detail, dan terstruktur dalam memecahkan masalah.

Selain itu, kamu juga harus punya jiwa ingin tau yang tinggi. Hal itu karena selama kamu kuliah di jurusan fisika, kamu akan banyak memecahkan rumus-rumus, melakukan praktikum, serta melakukan riset.

Jadi, gak harus jenius ya, yang penting punya semangat pantang menyerah.

4. Jurusan Fisika Terbaik di Indonesia

Sudah banyak universitas yang menyediakan jurusan Fisika di kampusnya. Bahkan, sudah banyak juga jurusan fisika yang mendapatkan akreditasi A dari  BAN-PT atau Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Di antara kampus yang jurusan fisikanya terakreditasi A, yaitu Intitut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjadjaran (UNPAD), dan Universitas Negeri Semarang (UNNES).

5. Perbedaan Jurusan Fisika Murni, Teknik Fisika, dan Pendidikan Fisika

Selain jurusan Fisika, sebenarnya masih ada jurusan lain yang ada nama fisikanya, di antaranya Teknik Fisika dan Pendidikan Fisika.

Lalu apakah kedua jurusan yang ada fisikanya itu sama dengan jurusan fisika yang dibahas di atas?

Pada dasarnya, mata kuliah kefisikaan yang dipelajari sama, hanya aja berbeda di pendalaman materinya.

Di jurusan fisika murni akan sangat mendalami setiap teori fisika, karena memang diharapkan lahir ilmuwan fisika dari jurusan fisika murni untuk mengembangkan keilmuwan fisika.

Berbeda dengan teknik fisika, di jurusan ini kamu gak terlalu fokus pada pendalaman teori fisikanya, tapi kamu akan lebih banyak mempelajari penerapan ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari.

Di teknik fisika, kamu akan ditempa menjadi seorang engineer yang mampu menyelesaikan permasalahan industri dengan teori fisika yang dipelajari.

Sedangkan di jurusan pendidikan fisika, kamu akan lebih berfokus pada bagaimana ilmu fisika bisa diajarkan di jenjang persekolahan.

Kamu gak akan terlalu mendalam tentang teori fisikanya, tapi kamu akan lebih banyak berinovasi untuk pengajaran, seperti membuat media pembelajaran fisika. Tujuannya agar ilmu fisika mudah dipahami oleh anak usia sekolah.

Ketiga jurusan yang ada fisikanya ini akan mempengaruhi jenjang karirmu di masa mendatang. Jadi, pertimbangkan baik-baik sebelum kamu memilih ya!

6. Prospek Kerja Jurusan Fisika

Luasnya cakupan ilmu fisika, membuat prospek kerjanya juga sangat luas. Seorang lulusan jurusan fisika bisa menjadi peneliti di lembaga-lembaga penelitian negara, seperti LIPI, BATAN, LAPAN, dan BMKG.

Selain itu, seorang lulusan jurusan fisika juga berkesempatan menjadi peneliti atau teknisi di berbagai perusahaan industri dan BUMN loh! Seperti perusahaan yang bergerak di sektor perminyakan, pertambangan, pengadaan listrik, dan manufaktur.

Kalau kamu berminat di bidang komputasi, tenang aja! Prospek kerja kamu sangat terbuka untuk menjadi engineer di industri teknologi dan informasi. Kamu bisa jadi seorang data scientistdata analyst, atau software developer.

Nah, itulah berbagai fakta menarik tentang jurusan fisika. Kalau kamu tertarik dengan jurusan ini, yuk segera siapkan diri untuk menghadapi UTBK, agar kamu bisa lolos ke kampus impianmu.

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,