5 Makanan yang Wajib Dihindari Oleh Penderita Asam Lambung

5 Makanan yang Wajib Dihindari Oleh Penderita Asam Lambung

Feb 20, 2022 by Rara
Makanan yang Wajib Dihindari Oleh Penderita Asam Lambung

Penyakit asam lambung juga dikenal dengan GERD atau Gastroesophageal reflux disease. Kondisi ini menyebabkan isi lambung kembali naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan perasaan tidak nyaman. Kenaikan ini biasanya terjadi dalam jangka waktu panjang sehingga penderita asam lambung harus ekstra hati-hati. Asam lambung menyebabkan heartburn dan nyeri di perut bagian atas.

Untuk beberapa kasus asam lambung yang parah, penderita bahkan akan mengalami ketakutan atau jantung berdebar. Agar penyakit asam lambung tidak semakin parah, selain meresepkan obat tertentu dokter juga akan menyarankan pasien untuk menghindari beberapa makanan yang memicu naiknya asam lambung.

Berikut beberapa makanan yang wajib dihindari penderita asam lambung.

BACA JUGA:

Makanan Pantangan Penderita Asam Lambung (GERD)

Kopi

Makanan pertama yang wajib dihindari adalah kopi. Secandu apapun dirimu dengan kopi, jika sudah sakit asam lambung (GERD) pastikan untuk tetap stop konsumsi kopi. Kopi mengandung kafein yang tinggi dimana hal ini akan memicu naiknya asam lambung dengan mudah dalam waktu yang sangat cepat. Tak hanya kopi, penderita asam lambung juga disarankan menghentikan asupan teh dan bahan makanan lain yang mengandung kafein di dalamnya.

Makanan Pedas

Aneka makanan pedas juga wajib dihindari oleh penderita asam lambung.  Makanan pedas bisa meningkatkan gejala terbakar pada sistem pencernaan. Ini juga meningkatkan risiko sakit perut. Makan makanan pedas bisa memperparah asam lambung atau GERD.

Makanan Asam

Bagi kamu yang punya penyakit asam lambung dan gemar mengonsumsi makanan asam, pastikan untuk menghentikan kegemaran ini. Makanan asam seperti buah sitrus, tomat, nanas, mangga muda dan sejenisnya bisa memperparah gejala asam lambung. Ini juga akan menimbulkan efek yang semakin buruk jika dikonsumsi saat perut masih kosong.

Makanan Berlemak

Makanan berlamak seperti masakan yang mengandung santan dan gorengan juga wajib dihindari penderita asam lambung. Makanan berlemak mencegah sfingter esofagus bagian bawah menutup sempurna dimana hal ini akan menciptakan celah untuk asam lambung mengalir ke atas. Selain memperparah asam lambung, makanan berlemak juga akan meningkatkan risiko obesitas serta penyakit mematikan lainnya.

Bawang

Bawang mengandung senyawa yang bisa memicu naiknya refluks asam naik dengan cepat ke kerongkongan. Ini juga meningkatkan risiko sendawa berlebih. Segala jenis bawang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung atau GERD.

12 Makanan khas Imlek yang Dipercaya Membawa Keberuntungan dan Rezeki

Selain menghindari makanan di atas, untuk penderita asam lambung sebaiknya konsumsi ramuan kunyit dan madu demi meringankan gejala yang lebih parah. Usahakan untuk makan dengan porsi kecil setiap 4 jam sekali. Perbanyak konsumsi air putih, miliki istirahat cukup dan hindari stres agar penyakit ini berangsur pulih.

, , , , , , ,