15 Jurusan Teknik yang Bagus, Paling Dibutuhkan dan Sering Direkomendasikan

jurusan teknik yang bagus

Kuliah merupakan salah satu cara untuk memperdalam ilmu, membuka wawasn, memperoleh relasi, dan membuka jalan menuju masa depan yang lebih baik. Nah, Kira-kira apa ya jurusan kuliah yang prospek kerjanya paling bagus?

Sekarang ini, ada banyak jurusan kuliah di Indonesia yang bisa menjadi pilihan bagi lulusan SMA dan sederajat, misalnya jurusan-jurusan di fakultas teknik. Yes, jurusan teknik. Banyak direkomedasikan sebagai jurusan dengan lulusan yang punya prospek kerja paling menjanjika di masa depan.

Namun, sebelum kamu memilih jurusan yang paling sesuai dengan kamu. Yuk, kita dalami informasi jurusan teknik, berapa daftar jurusan dalam fakultas teknik di Indonesia, serta 15 rekomedasi jursan teknik yang bagus buat kamu.

15 Jurusan Teknik yang Bagus, Paling Dibutuhkan dan Sering Direkomendasikan

1. Arsitektur

Arsitektur termasuk jurusan di bidang teknik yang terbilang unik, karena nggak hanya mempelajari hal yang bersifat teknis pada bangunan tetapi juga memperhatikan sisi estetikanya. Mahasiswa Arsitektur mempelajari tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan. Arsitektur akan menuangkan ide, konsep dan desain, sedangkan untuk realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil.

Menjadi seorang arsitek mempunyai prospek karier yang cerah. Kamu bisa bekerja hampir di semua perusahaan properti dan konstruksi.

2. Teknik Elektro

Apa itu jurusan Teknik Elektro? Teknik Elektro (Electrical Engineering) disebut juga Teknik Listrik / Elektronika. Jurusan atau program studi ini adalah bagian dari bidang teknik (engineering) yang mempelajari, mendesain dan mengaplikasikan komponen dan sistem yang memanfaatkan listrik (electricity), elektronika (electronics) dan electromagnetism.

3. Teknik Sipil

Teknik Sipil adalahn jurusan teknik yang sangat lekat dengan infrastruktur. Dalam jurusan ini kamu akan mempelajari proses merancang, membangun dan merenovasi gedung, jalan, jembatan, bendungan, serta infrastruktur lainnya. Jurusan ini punya peran penting dalam perkembangan suatu negara, terutama dalam pembangunan infrastruktur dan ekonomi.

Lulusan dari Teknik Sipil bisa bekerja di berbagai perusahaan properti, konstruksi, atau pengembang. Kamu juga bisa bekerja di instansi pemerintah seperti Badan Perencanaan Nasional (BPN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan BUMN lain di bidang konstruksi.

4. Teknik Mesin

Hampir semua hal saat ini menggunakan mesin untuk efisiensi atau juga untuk memaksimalkan produksi. Untuk kamu yang suka dengan hal-hal yang berhubungan dengan mesin, kamu bisa memilih jurusan Teknik Mesin. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari prinsip-prinsip fisika yang akan diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin. Kamu juga akan memperdalam beberapa cabang ilmu teknik mesin seperti mekanika, kinematika, teknik material, dan termodinamika.

Lulusan dari prodi ini akan sangat dibutuhkan di berbagai macam industri, mulai dari manufaktur, teknologi, otomatif, pertambangan, dan sebagainya.

5. Teknik Industri

Berbeda dengan Teknik Mesin, di Teknik Industri kamu nggak hanya akan belajar mengenai seluk-beluk sebuah mesin manufaktur, tetapi kamu juga akan mempelajari sistem manajemen sebuah industri. Karena itu, prospek kerja di jurusan ini pun sangat luas, mulai dari industri kecil hingga industri besar. Kamu bisa bekerja di divisi spesialisasi teknik industri, divisi produksi, divisi engineering, divisi perencanaan biaya, hingga HRD.

6. Teknik Perminyakan

Di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang penambangan fluida, yaitu berupa minyak bumi, gas alam dan panas bumi. Kamu akan belajar tentang eksplorasi, eksploitasi dan cara pengolahan minyak. Sebagai mahasiswa Teknik Perminyakan, kamu juga dituntut untuk inovatif dalam menentukan teknik yang lebih efisien dalam menghasilkan energi dengan tingkat emisi rendah.

Prospek kerja dari jurusan ini terkenal sangat menjanjikan karena sumber daya minyak termasuk salah satu sumber daya yang paling bernilai. Kamu bisa berkarier di perusahaan sektor migas nasional hingga internasional seperti Pertamina, Chevron, Total, Shell, dan masih banyak lagi.

7. Teknik Lingkungan

Dengan masuk ke jurusan ini, kamu akan belajar tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan teknik dan teknologi. Ruang lingkupnya pun cukup luas, mulai dari pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, sistem drainase, dan sebagainya. Lulusannya bisa bekerja di industri-industri yang bergerak di bidang petrokimia, minyak, pertambangan, dan sebagainya.

Baca Juga : 5 Universitas Negeri Terbaik di Yogyakarta 2022

8. Teknik Perkapalan

Sebagai negara maritim, kapal menjadi transportasi yang penting untuk menunjang kegiatan ekonomi hingga pertahanan di Indonesia. So, ahli dari perkapalan masih sangat dibutuhkan. Jurusan Teknik Perkapalan mempelajari tentang semua hal yang berkaitan dengan kapal, seperti perancangan dan pembangunan kapal, pengoperasian kapal, dan bisnis pengoperasian armada kapal. Kamu pun bisa bekerja di beberapa bidang seperti pembangunan kapal baru, pembangunan sarana industri lepas pantai, pemeliharaan dan reparasi kapal, dan sebagainya.

9. Teknik Kimia

Jurusan ini mempelajari tentang proses dan cara mengubah bahan baku mentah dan bahan kimia menjadi sebuah produk yang bernilai secara komersial dengan memanfaatkan proses-proses kimia. Prospek kerja dari lulusannya pun sangat luas. Kamu bisa bekerja di industri kimia, perminyakan, farmasi, hingga menjadi konsultan.

10. Teknik Nuklir

Teknik Nuklir merupakan jurusan yang mempelajari ilmu inti atom dengan menggunakan prinsip-prinsip Fisika Nuklir dan interaksi antara radiasi dan material sebagai dasarnya. Eits, nuklir tak hanya digunakan untuk bom atom saja, melainkan nuklir juga bisa dimanfaatkan untuk bidang medis, pembangkit listrik, dan energi.

Prospek kerja di bidang ini bisa dibilang cukup menjanjikan. Kamu bisa bekerja di perusahaan pertambangan, perminyakan, dan perusahaan yang bergerak di bidang energi seperti PLN, PLTN, Pertamina, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), dan sebagainya.

11. Teknik Telekomunikasi

Jurusan teknik telekomunikasi akan mempelajari semua aspek tentang bagaimana kita berkomunikasi dalam jarak jauh, mulai dari sinyal, transmisi data, jaringan komputer, radio, teknologi radar, serta semua teori dibalik itu.

12. Teknik Pesawat Udara

Teknik Pesawat Udara adalah program studi berjenjang Diploma II (D2) yang dapat ditemui di sekolah-sekolah penerbangan. Siswa prodi ini disebut dengan taruna/taruni. … Misalnya lisensi A1 untuk kecapakan rangka pesawat, lisensi A3 untuk pistone engine, A4 untuk turbine engine, dan lainnya.

13. Teknik Material

Ilmu material atau teknik material atau ilmu bahan adalah sebuah interdisiplin ilmu teknik yang mempelajari sifat material dan aplikasinya terhadap berbagai bidang ilmu dan teknik. Ilmu ini mempelajari hubungan antara struktur material dan sifatnya.

14. Teknik Robotika

Jurusan Teknik Robotika mempelajari ilmu pengetahuan dan keterampilan atau kemampuan dalam perancangan robot yang canggih serta produktif dengan banyak kelebihan yang belum tentu bisa dilakuin oleh orang lain dan termasuk mempelajari konsep dasar robotika, perancangan robot, hingga ke level aplikasi di dunia kerja industri.

15. Teknik Biomedik

Jurusan Teknik Biomedik adalah gabungan dari ilmu teknik (engginering) dengan ilmu medis / kedokteran. Tujuan dari bidang ilmu ini adalah bagaimana mengembangkan teknologi yang bisa bermanfaat untuk mempermudah proses diagnosis, pengobatan, rehabilitasi, serta penyembuhan pasien. Di luar negeri, jurusan Teknik Biomedik atau Teknik Biomedis dikenal juga dengan sebutan Biomedical Engineering.

Daftar Jurusan Teknik di Indonesia

Dilansir dari website Unpas, sebenarnya  ada beberapa daftar jurusan teknik di Indonesia dalam fakultas teknik. Berikut daftarnya:

  1. Teknik Sipil
  2. Arsitektur
  3. Teknik Kelautan
  4. Teknik Pertambangan
  5. Teknik Elektro
  6. Teknik Industri
  7. Teknik Mesin
  8. Teknik Penerbangan
  9. Teknik Nuklir
  10. Teknik Pertambangan
  11. Teknik Lingkungan
  12. Teknik Metalurgi
  13. Teknik Geodesi
  14. Teknik Perkapalan
  15. Teknik Planologi (Perencanaan Wilayah dan Kota)
  16. Oseanografi
  17. Teknik Geologi
  18. Teknik Otomotif
  19. Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan
  20. Teknobiomedik
  21. Teknik Telekomunikasi
  22. Rekayasa Hayati
  23. Teknologi Bioproses
  24. Teknik Refrigerasi dan Tata Udara
  25. Teknik Grafika
  26. Transportasi Laut
  27. Teknik Material
  28. Teknik Otomasi Manufaktur dan Mekatronika
  29. Teknik Otomotif dan Robotik
  30. Teknik Sistem Komputer
  31. Manajemen Rekayasa Industri
  32. Teknik Tenaga Listrik
  33. Teknik Bioenergi dan Kemurgi
  34. Industrial RoboticsDesign
  35. Teknik Kimia
  36. Teknik Geomatika
  37. Teknik Fisika
  38. Teknik Perminyakan
  39. Rekayasa Infrastruktur Lingkungan
  40. Teknik Alat Berat
  41. Meteorologi Terapan
  42. Teknik Pesawat Udara
  43. Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara
  44. Teknik Bangunan dan Landasan
  45. Teknik Ekonomi Konstruksi (Quantity Surveyor)
  46. Teknik Sistem Perkapalan
  47. Teknik Konversi Energi
  48. Teknik Perpipaan
  49. Teknik Listrik Bandara
  50. Teknik Pengairan (Sumber Daya Air)
  51. Arsitektur Lanskap

Kamu mau masuk jurusan teknik yang mana nih? Jurusan kuliahmu haruslah bidang yang memang kamu sukai agar kelak kamu bisa bekerja maksimal untuk memberikan dampak positif di masyarakat. Psst, jurusan-jurusan teknik terkenal punya keketatan yang tinggi, lho. Yuk, siapkan dirimu dari sekarang untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi bersama ruangbelajar.

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,